Saturday, May 25, 2024
HomeDomestikQantas Terbang Lagi ke Jakarta Sepekan Tiga Kali Mulai November, Catat Tanggalnya

Qantas Terbang Lagi ke Jakarta Sepekan Tiga Kali Mulai November, Catat Tanggalnya

Setelah lama tertunda, Qantas akhirnya mengumumkan bakal terbang kembali ke Jakarta mulai 30 November mendatang. Maskapai nasional Australia itu terbang ke Bandara Soekarno-Hatta dari Bandara Perth, Australia Barat, tiga kali sepekan menggunakan pesawat Boeing 737-800.

Baca juga: Qantas Buka Penerbangan Internasional Terpendek ke Dili Timor Leste

Selain ke Jakarta, Qantas juga mulai melayani rute internasional lainnya seperti Johannesburg (Afrika Selatan), London, Singapura, dan Roma.

Dalam situs resminya, pembukaan rute internasional Qantas pasca pandemi Covid-19 akan dimulai pada 1 November mendatang. Disebutkan, di tanggal tersebut, maskapai akan terbang ke Johannesburg sepekan tiga kali.

Berbeda dengan rute Qantas ke Jakarta mulai 30 November yang menggunakan Boeing 737-800, Qantas mengerahkan armada Airbus A330-200. Adapun rute internasional lainnya di luar dua itu, masih menunggu informasi lebih lanjut.

Khusus penerbangan internasional ke Johannesberg dan Jakarta, itu tak lepas dari dukungan dana dari Pemerintah Australia Barat sebesar AU$195 juta. Dukungan ini juga sekaligus menjadi akhir dari perseteruan antar keduanya.

Sebelumnya, Pemerintah Australia Barat dan Qantas saling bersitegang akibat lockdown ekstrem selama pandemi Covid-19. Hal ini mengakibatkan Qantas sama sekali tidak bisa bergerak lantaran penerbangan internasional ditutup oleh pemerintah pusat. Penerbangan domestik yang seharusnya diandalkan justru sirna lantaran lockdown ketat negara bagian Australia Barat.

“Kami senang bahwa kami dapat mencapai kesepakatan tentang rute Jakarta dan Johannesburg dan akan bekerja sama dengan tim Qantas lokal untuk memastikan mereka sukses,” kata CEO Bandara Perth, Kevin Brown.

“Australia Barat telah menjadi bagian yang semakin penting dari jaringan internasional kami, dan kami sangat bersemangat untuk meluncurkan dua rute lagi dari Perth,” kata CEO Qantas Alan Joyce

Setali tiga uang, Perdana Menteri Australia Barat Mark McGowan turut menyambut baik dimulainya kembali kerjasama antara Pemerintah Australia Barat dan Qantas.

“Kami telah bekerja sama dengan Qantas dan Bandara Perth untuk membantu mewujudkan rute ini, dan saya ingin berterima kasih kepada Bandara Perth dan Qantas atas pendekatan kooperatif mereka untuk memberikan penerbangan ini, ” jelasnya.

Menggunakan pesawat Boeing 737-800, penerbangan Qantas ke Jakarta bakal mengangkut sebanyak 162 penumpang ekonomi dengan konfigurasi 3-3 dan 12 penumpang kelas bisnis dengan konfigurasi 2-2.

Pesawat akan memakai nomor penerbangan QF53, terbang setiap hari Rabu, Jumat, Minggu, pukul 19.05 waktu setempat, menempuh jarak empat setengah jam dan mendarat pukul 22.35.

Baca juga: Kenapa Rute London-Sydney Qantas ‘Harus’ Transit di Singapura? Ini Jawabannya

Tak lama setelah mendarat, pesawat akan terbang kembali ke Perth pada pukul 23.55 WIB dan mendarat pada pukul 05.10 waktu Perth.

Rute Jakarta-Perth Qantas sejatinya mendapat saingan kuat dari Garuda Indonesia. Hanya saja, karena krisis yang terjadi di tubuh maskapai nasional Indonesia itu, rute tersebut sementara waktu ditangguhkan. Alhasil, Qantas menjadi maskapai tunggal yang mengoperasikan kedua rute tersebut.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru