Saturday, March 2, 2024
HomeDaratRail Anchor, Komponen Penting untuk Cegah Pemuaian Pada Rel Kereta

Rail Anchor, Komponen Penting untuk Cegah Pemuaian Pada Rel Kereta

Saat naik kereta api, cobalah perhatikan rel secara lebih detail, ya rel adalah batangan berbahan besi baja yang disusun secara paralel dengan jarak konstan antara dua sisi. Kemudian batang beji ini dikaitkan dengan bantalan yang disusun secara melintang untuk menjaga agar rel tidak bergeser atau renggang.

Baca juga: Ternyata Ada Beragam Jenis Bantalan Rel, Indonesia Pakai Yang Mana?

Nah untuk membangun trek (jalur rel) ternyata ada beberapa komponen yang mempengaruhi kualitas rel kereta api itu sendiri. Salah satunya adalah rail anchor. Ini apa ya? KabarPenumpang.com mencoba menelusuri rail anchor ini di berbagai laman sumber. Rail anchor atau anti creep digunakan pada rel yang disambung secara CWR atau Continuous Welded Rails. Fungsinya untuk menahan gerakan pemuaian batang pada rel karena pada sambungan CWR. Biasanya rail anchor dipasang di bawah permukaan batang rel, tepatnya disamping bantalan.

Rail anchor ini tidak dipasang pada rel yang ditambat dengan penambat elastis. Sebab fungsinya sudah sama seperti penambat elastis yakni mencegah gerakan pemuaian batang rel. Sehingga rail anchor akan dipasang bersama dengan penambat kaku pada bantalan kayu atau besi. Rail anchor ini dibuat dengan konstruksi satu bagian dari baja pegas.

Tak hanya itu, rail anchor juga dibuat untuk berat rel tertentu dan lebar alas yang bisa diklasifikasikan menjadi dua jenis yaitu rail anchor drive on dan rail anchor tipe pegas. Cara kerja rail anchor adalah harus berada pada sisi pengukur alas rel terhadap permukaan pengikat yang sama pada rel yang berlawanan.

Baca juga: Di Bangladesh, Baut Rel Kereta Diganti dengan Batang Bambu dan Pisang

Rail anchor juga harus menahan alas rel dengan erat dan kuat serta memiliki bantalan penuh pada permukaan pengikat rel. Ini juga tidak boleh digerakkan dengan mendorongnya di sepanjang rel sehingga ikatan rel harus dijaga tetap lurus saat rail anchor dipasang.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru