Tuesday, April 16, 2024
HomeHot NewsRusia Bersiap Rakit Sukhoi Superjet 100 Generasi Terbaru, Akhir Tahun Depan Siap...

Rusia Bersiap Rakit Sukhoi Superjet 100 Generasi Terbaru, Akhir Tahun Depan Siap Dikirim

Meski industri penerbangan dan maskapai Rusia mendapat tekanan berat sebagai imbas Perang Ukraina, namun, ada kabar bahwa Negeri Beruang Merah tersebut justru sedang bersiap untuk merakit pesawat regional jet Sukhoi Superjet – SSJ-100 New. Bahkan, disebut SSJ-100 New akan mulai dikirimkan ke maskapai domestik pada akhir tahun depan.

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah, Sukhoi Superjet 100 Terbang Perdana: Jadi Pesawat Komersial Pertama Rusia Pasca Uni Soviet

Dikutip dari Simpleflying.com (22/12/2022), disebutkan SibNIIA Institute, pusat penelitian ilmu penerbangan terbesar di Rusia Timur, sedang mengerjakan uji statis sertifikasi struktur badan pesawat Irkut Superjet 100 generasi terbaru. Varian baru dari keluarga narrowbody ini akan diproduksi dengan peralatan dan komponen lokal, serta sistem teknologi dalam negeri karena adanya sanksi Barat setelah invasi Rusia ke Ukraina.

Awal bulan ini, SibNIIA mengumumkan sedang mempersiapkan peralatan dan sistem teknologi untuk uji statis badan pesawat Superjet 100 generasi terbaru. Menurut Vladimir Barsuk, direktur institut tersebut, prototipe SSJ-100 New akan diuji pada Januari 2023. Pengiriman dapat dimulai paling cepat pada akhir 2023. Ini adalah salah satu dari banyak proyek yang saat ini dimiliki pemerintah Rusia untuk mempromosikan produksi dalam negeri.

“Uji statik sertifikasi dari karakteristik kekuatan badan pesawat akan mengkonfirmasi keandalan struktural dan menentukan kondisi pengoperasian SSJ-100 New yang aman sesuai dengan persyaratan Peraturan Penerbangan,” kata lembaga SibNIIA dalam sebuah pernyataan.

Pengujian aerodinamis pesawat selesai pada 24 November di Central Aerohydrodynamic Institute, menurut laporan dvnovosti.ru. Saat ini, Regional Aircraft Company dan SibNIIA sedang berkoordinasi untuk mengirimkan badan pesawat SSJ-100 New ke Novosibirsk dan mempersiapkan perakitan pesawat di institut tersebut.

SAP, serikat manufaktur pesawat Rusia, mengharapkan untuk memproduksi 20 unit Irkut SSJ-100 New per tahun pada tahun 2024, rencananya pesawat itu dilengkapi dengan mesin PD-8. Pada saat yang sama, enam Irkut MC-21-310 pertama akan diselesaikan. Menurut data ch.aviation, ada 327 pesawat Superjet 100 yang diproduksi, sekitar 135 di antaranya saat ini aktif. Maskapai Rusia Rossiya adalah operator terbesar SSJ-100 dengan 74 pesawat.

SSJ-100 New, versi terbaru dari Sukhoi Superjet 100, akan memiliki kapasitas 87 hingga 98 penumpang.

Baca juga: Kena Embargo Mesin dari Perancis, Sukhoi Superjet 100 Rusia Terancam Di-Grounded 

Superjet 100 (atau SSJ-100) adalah jet regional yang melakukan penerbangan perdananya pada tahun 2008 dan layanan komersial pertamanya tiga tahun kemudian. Sepanjang sejarahnya, SSJ-100 telah mengalami masalah, termasuk empat kecelakaan. Kecelakaan terakhir terjadi pada Mei 2019, ketika Aeroflot Penerbangan 1492 sedang mendaki setelah lepas landas dari Bandara Internasional Moscow Sheremetyevo, dan sambaran petir menyambar di dekat pesawat.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru