Monday, July 15, 2024
HomeAnalisa AngkutanSebelum Resmi Angkut Penumpang, China Eastern Lakukan Penerbangan Verifikasi COMAC C919...

Sebelum Resmi Angkut Penumpang, China Eastern Lakukan Penerbangan Verifikasi COMAC C919 Selama 100 Jam

Sebelum melayani penerbangan komersial berjadwal, pesawat jet regional pertama Cina COMAC C919 yang telah diterima maskapai China Eastern Airlines (CEA), melakukam penerbangan verifikasi selama 100 jam untuk mengonfirmasi aspek keselamatan opersional pesawat. Jika tidak aral melintang, CEA akan menggunakan C919 untuk layanan komersial pada musim semi tahun depan (2023).

Baca juga: Berkah Zhuhai AirShow Cina, COMAC Terima Pesanan 330 Pesawat Made in China C919 & ARJ21

Meskipun C919 telah mendapatkan persetujuan awal dari Administrasi Penerbangan Sipil China – Civil Aviation Administration of China (CAAC), CEA masih akan melakukan penerbangan verifikasi tanpa penumpang untuk memastikan keselamatan operasional, keandalan pemeliharaan, dan berbagai kemampuan dukungan operasional dari pesawat model baru ini.

Pesawat C919 pertama untuk uji penerbangan 100 jam lepas landas, adalah pesawat dengan nomor penerbangan MU7801 pada pukul 13:25 Waktu Beijing (0525 GMT) dari Bandara Internasional Shanghai Hongqiao. Pesawat jet harus mendarat di Beijing, Chengdu, Xi’an, Haikou, Qingdao, Wuhan, Nanchang dan Jinan sebelum kembali ke tempat lepas landas.

Rutinitas ini akan berulang setiap hari selama uji terbang, bersamaan dengan seluruh proses pemeliharaan dan boarding. CEA mengatakan telah memilih 24 pilot dengan pengalaman yang tinggi dan keterampilan luar biasa sebagai pilot C919 gelombang pertama.

C919 China Eastern Airlines bernomor B-919A melakukan pelatihan penerbangan di Bandara Internasional Yangzhou Taizhou, Provinsi Jiangsu, Cina timur, 23 Desember 2022. /CFP

Setelah pengujian, perusahaan penerbangan akan mengajukan permohonan kepada CAAC untuk Spesifikasi Operasi guna mendapatkan persetujuan akhir untuk pengoperasian komersial pesawat C919.

CEA mengatakan C919 diharapkan beroperasi pada rute ke banyak kota di Cina, termasuk Shanghai, Beijing, Xi’an, Kunming, Guangzhou, Chengdu dan Shenzhen.

CEA menandatangani kontrak untuk membeli lima C919 pada Maret 2021 dalam kesepakatan komersial pertama untuk pesawat tersebut. Maskapai ini secara resmi menerima jet C919 pertama bernomor B-919A pada 9 Desember 2022. Empat pesawat yang tersisa akan dikirimkan secara berurutan dalam dua tahun ke depan berdasarkan rencana produksi dan pengiriman pemasok, menurut Wang Jian, sekretaris dewan CEA .

Baca juga: COMAC C919 Akhirnya Meraih Sertifikasi Kelaikan Udara, Bersiap Lawan Keluarga A320neo dan 737 Max

C919 adalah pesawat penumpang besar pertama buatan China yang dikembangkan oleh Commercial Aircraft Corporation of China (COMAC). Pesawat ini mendapat sertifikat kelaikan udara oleh CAAC pada akhir September 2022.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru