Seperti Trem Menghantam Trotoar, Ini Dia Pintu Masuk Stasiun Kereta Bawah Tanah Bockenheimer Warte

0
Pintu Masuk Stasiun Kereta Bawah Tanah Bockenheimer Warte (atlasobscura.com)

Ada trem menabrak serta menghantam sebuah trotoar beton di Frakfurt Jerman? Jangan kaget, ini sebenarnya hanya sebuah pintu masuk sebuah Stasiun Kereta Bawah Tanah Bockenheimer Warte. Ketika melihat bentuk pintu masuk stasiun ini, Anda bisa membayangkan film Marvel di mana Hulk mengambil sebuah mobil trem dan melemparnya ke trotoar.

Baca juga: Hua Hin, Stasiun Tertua di Thailand dan Punya Bangunan Unik

Stasiun Bockenheimer Warte merupakan stasiun persimpangan penting yang berada di sebelah barat pusat kota Frankfurt. Sangat mudah dikenali karena bentuknya yang unik tersebut.

Tampak samping Pintu Masuk Stasiun Kereta Bawah Tanah Bockenheimer Warte (atlasobscura.com)

KabarPenumpang.com merangkum atlasobscura.com, pintu masuk stasiun kereta bawah tanah ini merupakan ide dari seorang arsitek bernama Zbigniew Peter Pininski. Ide ini datang ketika penduduk setempat prihatin tentang perluasan jaringan transportasi kota.

Sebab setiap adanya konstruksi baru selalu diperdebatkan dengan sengit bahkan kerap kali ditentang. Oleh karena itu Pininski memutuskan untuk merancang sesuatu yang mungkin akan membuat wajah para penduduk Frankfurt yang cemberut menjadi tersenyum.

Terinspirasi oleh karya seniman surealis Belgia René Magritte, Pininski merancang pintu masuk kereta bawah tanah yang tampak seperti mobil trem tua yang menabrak trotoar. Otoritas lokal memberi lampu hijau untuk desainnya yang aneh (dan, bisa dibilang, agak gelap).

Pembangunan pintu masuk Stasiun Kereta Bawah Tanah Bockenheimer Warte selesai pada tahun 1986 bersama dengan level B dan C dari stasiun kereta bawah tanah. Namun, penduduk setempat terus mengomel tentang jaringan transportasi yang terus berkembang, tetapi sulit untuk tidak tersenyum sedikit saat melihat pintu masuk Bockenheimer Warte.

Ketika stasiun mengalami perluasan besar-besaran pada tahun 2001, pintu masuknya bisa saja dipindahkan atau didesain ulang. Tapi untungnya, setidaknya bagi semua pengguna kereta bawah tanah yang memperhatikan eksentrik, pintu masuknya tidak tersentuh, dan orang-orang masih berhenti khusus di stasiun Bockenheimer Warte hanya untuk melihat desainnya yang unik.

Baca juga: Kennington, Stasiun Bawah Tanah Unik dengan Fasilitas “U-Turn”

Stasiun kereta bawah tanah Bockenheimer Warte terletak di sepanjang Bockenheimer Landstraße di sebelah barat pusat kota Frankfurt. Pintu masuknya berada tepat di utara Universitas Goethe.

Leave a Reply