Setelah 16 Tahun, Dimana Airbus A380 ‘WOW’ Pertama di Dunia Berada?

0
Airbus A380 pertama di dunia saat melakoni penerbangan perdana. Foto: Getty Images

27 April mendatang akan menandai ulang tahun ke-16 penerbangan perdana Airbus A380. Ketika itu, kehadiran sang penantang Boeing 747 -yang sudah menguasai pangsa pasar widebody selama beberapa dekade sejak tahun 70an- sangat menyita perhatian media dan publik seluruh dunia. Setelah melakoni penerbangan perdana, pesawat A380 pertama di dunia diketahui tak dikirim ke maskapai untuk dioperasikan secara komersial. Lantas, dimanakah pesawat itu berada saat ini?

Baca juga: Tak Satupun Terbang, Airbus A380 Keok dari “Queen Of The Skies” Boeing 747

Dilansir Simple Flying, prototipe pertama Airbus A380 mulai dipamerkan ke publik pada 18 Januari 2005. Ketika itu, Airbus membuat acara besar-besaran menyambut pesawat widebody andalannya ini. Maklum, pabrikan asal Eropa tersebut memang sejak pertama kali berdiri belum bisa menggoyang kompetitor abadinya, Boeing, di pangsa pasar widebody.

Upacara pembukaan dilakukan di Toulouse, Perancis. Setelah upacara pembukaan, sambutan, dan sejenisnya usai, Airbus pun memamerkan A380 pertama di dunia. Disebutkan, Airbus memperkenalkan prototipe itu dengan nomor registrasi F-WWOW. Nomor registrasi itu bukan sekedar kode belaka, melainkan ada pesan besar yang diusung Airbus.

Tiga huruf terakhir menunjukkan semangat Airbus terhadap pesawat, yang mengingatkannya pada gelaran akbar Olimpiade, beserta pernak-perniknya. “Itu (tiga huruf terakhir) mengingatkan pada upacara pembukaan Olimpiade, lengkap dengan penari menyerupai malaikat, melayang di atas awan asap biru,” tulis BBC mengutip pernyataan pejabat Airbus saat memamerkan A380 pertama.

Setelah diperkenalkan, tiga bulan kemudian, F-WWOW melakukan penerbangan perdana atau first maiden di langit Kota Toulouse, Perancis, pada 27 April 2005. Penerbangan dipimpin langsung oleh Jacques Rosay, kepala pilot penguji Airbus, dibantu enam awak.

Pesawat lepas landas dari Toulouse pada 10.29 waktu setempat dan mengudara selama hampir empat jam. Selama waktu ini, F-WWOW berhasil memenuhi semua tujuan utama uji terbang. Tiga jam 54 menit kemudian, pesawat mendarat di Toulouse pada 14.23. Kedatangannya disambut meriah oleh jurnalis, avgeeks, dan bahkan masyarakat pada umumnya.

Usai sukses melakukan penerbangan perdana, Jacques Rosay mengaku puas dengan performa pesawat. Terutama ketika climbing tak lama setelah lepas landas. “Dalam beberapa menit pertama penerbangan, kami terkesan dengan kemudahan handling pesawat,” ujarnya.

Setelah melakukan penerbangan perdana dan tidak dikirim ke maskapai untuk layanan komersial, lantas apa aktivitasnya dan dimana pesawat itu sekarang berada? Menurut Planespotters.net, pesawat yang dinamakan Jacques Rosay tetap berada dalam genggaman Airbus. Umumnya, pesawat dioperasikan sebagai pesawat uji.

Baca juga: Airbus A380 Pernah Ingin Dijadikan Air Force One, Batal Gegara Hal Ini

Sepanjang hampir 16 tahun itu, tercatat F-WWOW baru dua kali digrounded dalam waktu yang cukup lama. Pertama terjadi antara Februari 2017 dan Januari 2019. Adapun yang kedua terjadi dari September 2019 hingga November 2020.

Selebihnya, pesawat terus dioperasikan Airbus untuk berbagai keperluan. Data dari RadarBox.com, umumnya, Airbus A380 “Jacques Rosay” beroperasi secara melingkar, dimana pesawat lepas landas dan mendarat di Toulouse -seperti sedang melakoni flight to nowhere- selama 30 menit sampai 6 jam lebih. Terakhir kalinya pesawat terbang pada 25 Maret, dari Toulouse pada 10.53 dan mendarat empat jam 53 menit kemudian pada 15.46.

Leave a Reply