Saturday, April 13, 2024
HomeHot NewsStadtbahn Karlsruhe - Konvergensi Trem Kota dan Kereta Komuter dalam Jalur Rel...

Stadtbahn Karlsruhe – Konvergensi Trem Kota dan Kereta Komuter dalam Jalur Rel yang Sama

Meski sama-sama kuda besi, kerap menjadi pertanyaan, apakah rel trem dan rel kereta api dapat digunakan oleh wahana yang sama, dalam arti melayani jenis kereta api reguler yang berkonvergensi sebagai trem. Walau terbilang jarang, faktanya ada jenis kereta komuter yang melayani transportasi di pinggir kota, namun bisa juga melaju sebagai trem yang melaju di antara jalan raya kota.

Baca juga: Hyundai Rotem Pamerkan Trem Next Generation Bertenaga Hidrogen di Busan

Di Jerman, ada jenis trem dan kereta api yang bisa menggunakan jalur yang sama, inovasi transportasi ini disebut Karlsruhe. Trem yang juga beroperasi pada jalur yang juga digunakan oleh kereta api menawarkan tantangan operasional. Seringkali terdapat sistem kelistrikan yang berbeda, sistem persinyalan yang berbeda, pengukur pemuatan yang berbeda, prosedur keselamatan yang berbeda, dan persyaratan pelatihan pengemudi yang berbeda.

Karlsruhe menawarkan keunggulan tujuan trem yang lebih luas di luar batas jaringan trem aslinya. Bagi penumpang, keuntungannya adalah perjalanan yang lebih langsung, dan trem melayani stasiun kereta pinggiran kota dan halte trem di pusat kota.

Kereta Karlsruhe di Jerman mengacu pada sistem kereta ringan atau tram-train yang dikenal sebagai “Stadtbahn Karlsruhe.” Sistem ini memadukan konsep kereta ringan dan kereta kota (trem) dalam satu sistem terpadu. Karlsruhe adalah salah satu kota yang mengembangkan dan menerapkan konsep tram-train ini.

Konsep Stadtbahn Karlsruhe mulai dikembangkan pada tahun 1960-an, dan sistem ini resmi diresmikan pada tahun 1992. Stadtbahn Karlsruhe mengintegrasikan jalur kereta ringan (Stadtbahn) dengan jalur kereta kota tradisional (Straßenbahn). Ini memungkinkan kereta untuk beroperasi di jalur khusus kereta ringan, namun juga dapat melanjutkan perjalanan ke dalam kota menggunakan jalur kereta kota.

Sistem ini memiliki jalur utama yang menghubungkan kota-kota dan pinggiran kota utama dalam wilayah Rhein-Neckar, sementara juga memiliki cabang-cabang yang memasuki pusat kota.

Salah satu fitur utama Stadtbahn Karlsruhe adalah kerjasamanya dengan sistem kereta api regional. Kereta yang beroperasi dalam sistem ini dapat melanjutkan perjalanan ke luar kota menggunakan jalur kereta api regional. Sistem ini dirancang untuk meningkatkan aksesibilitas dan mobilitas di wilayah metropolitan. Dengan memadukan kereta ringan dan kereta kota, penduduk di kota dan pinggiran kota dapat dengan mudah berpindah dari satu tempat ke tempat lain.

Railbus Batara Kresna, Wahana Unik yang Melaju di Rel Bekas Trem

Seiring waktu, sistem Stadtbahn Karlsruhe terus berkembang dan diperluas, dengan penambahan jalur-jalur baru dan perpanjangan rute untuk melayani kebutuhan transportasi yang semakin berkembang.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru