Stasiun Ini Dalamnya Melebihi Tinggi Patung Liberty Loh!

0
Sumber: Atlasobscura.com

Kereta api sejatinya masih menjadi salah satu moda favorit pilihan para penumpang, bukan hanya menawarkan kecepatan, estimasi perjalanan yang tepat waktu juga menjadi salah satu faktor pendukung si ular besi ini menjadi primadona di mata penggunanya. Di beberapa Negara, terdapat layanan kereta bawah tanah, sebut saja Jepang, Rusia, dan Inggris merupakan Negara yang memiliki kereta subway. Biasanya, instalasi dari kereta bawah tanah tidak terlalu dalam. Tapi tahukah Anda tentang 1 stasiun bawah tanah paling dalam di dunia?

Adalah The Arsenalna, sebuah stasiun Metro di Kiev, Ukraina yang berada di rute Sviatoshynsko-Brovarska.Tidak main-main, kedalaman dari stasiun ini adalah 105,5 m, kedalaman yang mengalahkan tinggi dari patung Liberty. Stasiun yang dibuka pada 6 november 1960 ini mengalahkan stasiun bawah tanah lainnya di dunia, seperti Stasiun Admiralteyskaya di kota St. Petersburg Rusia dengan kedalaman 86 m, dan Stasiun Park Pobedy di Moskow dengan kedalaman 84 meter.

Anda membutuhkan waktu 5 menit dengan menggunakan eskalator untuk sampai ke stasiun yang berada di perut bumi ini. Ternyata, pembangungan stasiun bawah tanah terdalam di dunia ini bukan tanpa alas an. Berdasarkan data yang dilansir dari laman amusingplanet.com, dimana kondisi geografis di Kievlah yang memperngaruhi kedalaman dari stasiun yang memiliki 2 track tersebut. Mungkin suasana di dalam stasiun agak sedikit terasa sesak, mengingat kedalaman yang cukup ekstrim dari stasiun Arsenalna ini, seperti yang Anda rasakan ketika melewati sebuah terowongan gelap yang panjang.

Pintu masuk dari stasiun ini berada di atas sebuah lembah curam di samping sungai Dnieper, dimana para pekerja yang membangun proyek ini harus menggali lebih dalam. Interior di dalam stasiun ini juga bisa dibilang sangat artistik. Anda akan menemukan dinding beton kokoh berlapiskan keramik berwarna putih pudar seketika Anda turun dari eskalator panjang tersebut. Terdapat pula nama stasiun ini dalam bahasa Ukraina di salah satu dinding stasiun ini yang semakin menambah kesan artistik.

Stasiun yang diarsiteki oleh H.Hranatkin, S.Krushynsky, N.Shchukina memiliki tiang-tiang kokoh serta langit-langit yang di plester seakan menahan stasiun ini dari aliran sungai Dnieper di atasnya. Dulu, sebelum tahun 1990, terdapat sebuah karya seni berupa pahatan yang menggambarkan peristiwa revolusioner yang berlangsung di pabrik gudang peluru pada tahun 1918 menghiasi dinding ruang lobi utama. Namun sayangnya, karya seni tesebut sudah tidak bisa lagi dinikmati karena sudah dirombak pada periode 1990-an.

Sumber: travelro.files.wordpress.com
Sumber: travelro.files.wordpress.com

Adapun bagian atas atau serambi dari stasiun Arsenalna ini terletak di sebuah alun-alun yang mengarah ke Ivana Mazepy, Dmytro Godzenko dan jalan-jalan Mykhailo Hrushevsky, mirip dengan terowongan yang terletak di dekat stasiun Kota, Jakarta. Hingga kini, stasiun terdalam di dunia ini masih beroperasi dan melayani ribuan orang yang transit setiap harinya.

Leave a Reply