Stasiun Sruweng, Ternyata Punya Musik Berbeda dari Stasiun Lainnya Loh!

Stasiun Sruweng dengan segala keunikannya

Mendengar nama Sruweng mungkin penasaran apa sih itu? Nama makanan kah atau nama apa? Ternyata Sruweng merupakan nama salah satu stasiun yang ada di Jawa Tengah tepatnya di daerah Kebumen. Stasiun Sruweng sendiri merupakan stasiun kereta api kelas III atau kecil dan berada di ketinggian +13 meter.

Baca juga: “Banyuwangi Baru,” Stasiun di Paling Ujung Timur Pulau Jawa

Stasiun ini berada di Daerah Operasional V Puwokerto. Apa sih sebenarnya yang menarik dari stasiun yang ini? KabarPenumpang.com mendapatkan beberapa hal yakni stasiun ini ternyata berada di antara hamparan luasnya sawah.

Sehingga kereta api yang melaju melalui stasiun ini baik yang berhenti untuk persilangan atau berjalan langsung, penumpangnya benar-benar bisa merasakan keindahan alam dengan warna hijau dengan sawah yang membentang luas. Ternyata bukan hanya hamparan sawah yang luas saja, ada iringan musik yang berbeda dengan stasiun lain setiap kali persilangan kereta terjadi di stasiun ini.

Jika di setiap stasiun pemberitahuannya dengan bel atau genta yang berbunyi nada ‘ting..tong..ting..tong’, berbeda stasiun Sruweng memiliki aransemen musik yang menenangkan. Apalagi stasiun yang satu ini dekat dengan tepian sungai Serayu dan ketika malam tiba saat terjadi persilangan justru lebih unik lagi menjadi musik pengiring di waktu sepinya.

Meski menjadi stasiun kecil dan memiliki dua jalur dimana jalur 1 sebagai sepur lurus, stasiun ini menjadi stasiun persilangan sekitar 18 kereta api dari Jakarta, Bandung, Solo, Surabaya, Blitar hingga Malang. Tak hanya itu, kereta api pengangkut semen Holcim dan kereta barang Amotis juga melalui stasiun ini.

Baca juga: Jingle di Stasiun Kereta Jepang, Bangkitkan Semangat Penumpang

Letak stasiun Sruweng ini cukup jauh keberadaannya dari pusat kota Karanganyar. Tepatnya sekitar 300 meter sebelah utara jalan raya Gombong-Kebumen. Sebelum stasiun ini ada stasiun Kranganyar dan setelahnya ada stasiun Soka.

Di sebelah timur stasiun Sruweng yang sekarang terdapat bangunan tua dan ternyata merupakan stasiun lama. Kini bangunan lama stasiun Sruweng tersebut telah dijadikan rumah dinas untuk petugas kereta api stasiun Sruweng.