Sydney Central, Eksotisme Stasiun Tua Diantara Deru Penumpang Metropolitan

Meski bukan satu-satunya moda transportasi yang ada di kota Sydney, kereta api menjadi salah satu pilihan utama di tengah hiruk pikuk masyarakat di kota terbesar di Australia. Hal ini tentunya tidak terlepas dari nilai historis perkembangan transportasi dalam masyarakat Sydney itu sendiri.

Mengikuti masa-masa awal keberadaan Australia, ,moda trasnportasi kereta sendiri sudah digunakan oleh masyarakat Sydney sejak pertengahan abad ke 18. Perkembangan moda transportasi kereta api di Sydney sejalan dengan perkembangan masyarakatnya Dan bila bicara tentang kereta api di Sydney, maka akhirnya akan merujuk pada identitas Sydney Central Station, yang merupakan stasiun terbesar dan stasiun yang mengintegrasikan semua perjalanan, baik kerera Commuter Line dan kereta jarak jauh (luar kota).

Merujuk ke sejarahnya, stasiun sentral Sydney awalnya berdiri pada 26 September 1855 di wilayah barat stasiun Granville yang ada saat ini. Dirancang oleh arsitek asal New South Wales, W. L. Vernon, stasiun yang berada di wilayah tenggara Australia ini merupakan stasiun kereta pertama yang ada di kawasan New South Wales, yang menghubungkan akses jalan melewati pelabuhan dagang kota Sydney.

tours-4-poster

Lokasi stasiun pusat kota Sydney saat ini pun berbeda pada saat pertama kali dibangun. Bangunan asli dan pertama stasiun Sydney berada di sebelah selatan dari stasiun sentral Sydney yang berdiri saat ini. Stasiun utama lainnya kemudian dibangun di Newton, Ashfield, Burwood dan Homebush. Tidak seperti bangunan yang ada saat ini, konstruksi stasiun sentral Sydney ini awalnya terbentuk dari kayu. Kemajuan ekonomi masyarakat Eropa abad 18 yang spontan mendorong perekonomian di masyarakat Australia, mendorong moda transportasi kereta semakin berkembang dan pembangunan rute-rute baru terus berjalan.

Setelah rute di kawasan perkotaan rampung dibangun, rute kereta diperluas ke kawasan suburban. Rute suburban yang pertama kali beroperasi adalah di kawasan North Shore, yakni pada tahun 1980. Dan lagi-lagi stasiun kereta ini kembali menjadi yang pertama, yang menyediakan akses transportasi dan menghubungkan wilayah-wilayah suburban di Sydney.

sydneyaustralia2day

Perkembangan zaman dan meningkatnya mobilitas masyarakat dari tahun-tahun membawa stasiun ini ke dalam beberapa proses renovasi. Jumlah pengguna stasiun juga terus mengalami peningkatan sejak pertama kali dibangun.
Bagian paling menarik dan memiliki nilai historis dari Sydney Central Station ini adalah menara jam setinggi 75 Meter atau 246 kaki. Menara bergaya Gothic Revival ini berdiri pada tahun 1920. Awalnya menara ini dibuka untuk umum, dan masyarakat dapat naik hingga ke puncaknya. Namun sayangnya, saat ini menara ini sudah tidak dapat diakses oleh sembarang orang.

Pada tahun 1926 kereta api konvensional Sydney disulap menjadi moda kereta rel listrik atau KRL. Rute pertama yang beroperasi adalah jalur Illiwara dan St James. Saat ini stasiun sentral kota Sydney terdiri dari dua puluh peron, yang empat diantaranya berada di bawah tanah. Rute-rute baru juga terus mengalami perkembangan, diantaranya rute menuju Bandara Sydney dan stasiun kereta di kota-kota sekitarnya.

Platform_20_and_21_at_Central_Station_in_Sydney

Saat ini stasiun pusat Sydney sedang dalam proses perbaikan. Namun baru-baru ini pada bulan Desember 2016 lalu, stasiun ini sempat mengalami masalah, sehingga cukup mengganggu aktivitas masyarakat saat itu. Perkembangan stasiun kereta pusat di Sydney memberikan bukti bahwa perkembangan masyarakat mempengaruhi perkembangan moda transportasi. Baik bangunan fisik, rute, sistem, dan teknologi kereta di Sydney telah mengalami perkembangan, dari awal berdiri hingga sampai saat ini.

Modernisasi yang terjadi di kawasan kota tidak membuat masyarakat meninggalkan moda transportasi konvensional, tetapi justru membawa moda trasnportasi ini maju dan mengikuti perkembangan zaman. Dan stasiun pusat kota Sydney yang telah mengalami sejumlah perubahan ini terus memenuhi kebutuhan mobilisasi masyarakat Sydney, yang terus mengalami kemajuan.