Wednesday, May 25, 2022
HomeBandaraTaksi dari Bandara Changi Akan Kenakan Biaya Tambahan

Taksi dari Bandara Changi Akan Kenakan Biaya Tambahan

Biaya tambahan untuk perjalanan taksi yang berangkat dari Bandara Changi akan naik sebesar S$3 mulai kamis (19/5/2022) hingga 30 Juni mendatang. Adanya penambahan biaya sebagai upaya untuk meningkatkan pasokan taksi bagi penumpang yang berangkat dari Changi.

Baca juga: Wow! Tujuh Bandara Ini Punya Fasilitas Tur Gratis

Dengan biaya tambahan yang meningkat, perjalanan mulai dari Changi akan dikenakan biaya tambahan $8 setiap hari dari pukul 17.00 hingga 23.59, dan tambahan $6 pada waktu lainnya. Biaya tambahan saat ini adalah $5 pada hari Jumat, Sabtu dan Minggu dari pukul 17.00 hingga 23.59, dan $3 pada waktu lainnya.

Langkah tersebut, diumumkan oleh Changi Airport Group (CAG) dalam sebuah posting Facebook pada Kamis (12/5/2022), terjadi di tengah keengganan taksi untuk pergi ke bandara untuk menjemput penumpang meskipun ada kebangkitan dalam perjalanan udara internasional. Menurut posting Facebook oleh ComfortDelGro Taxi, operator taksi terbesar di Singapura, kenaikan biaya tambahan juga akan berlaku untuk perjalanan mulai dari Changi Air Freight Centre, Kantor Polisi Bandara, dan Airport Logistics Park of Singapore.

Dilansir KabarPenumpang.com dari laman yahoo.com (12/5/2022), kenaikan biaya tambahan akan dimulai dari tengah malam pada 19 Mei dan berakhir pada 23.59 pada 30 Juni. Untuk diketahui, pada Maret kemarin, sekitar 1,14 juta pelancong melewati Changi. Ini pertama kalinya volume penumpang di sana melampaui angka satu juta sejak pandemi Covid-19 dimulai lebih dari dua tahun lalu.

Lalu lintas penumpang di Bandara Changi meningkat lebih dari dua kali lipat bulan lalu dari Maret, mendekati 40 persen dari tingkat pra pandemi. Hal ini membuat Singapura semakin dekat untuk mencapai targetnya untuk mengembalikan volume penumpang di bandara setidaknya 50 persen dari tingkat pra-Covid-19 pada akhir tahun.

Tingginya jumlah penumpang, ditambah dengan pasokan taksi yang semakin sedikit, menyebabkan antrean panjang masyarakat yang menunggu taksi di bandara. Pengemudi taksi mengatakan bahwa lebih banyak uang dapat dihasilkan di Kawasan Pusat Bisnis dan di malam hari dalam sebuah laporan.

Ditambah dengan biaya bahan bakar yang tinggi, mereka mengatakan bahwa mereka tidak menemukan alasan untuk pergi jauh-jauh ke bandara, di mana mereka berisiko menunggu lama dengan mesin dihidupkan. CAG telah meluncurkan program insentif bulan lalu untuk mendapatkan taksi kembali ke bandara, menawarkan taksi hadiah $10 untuk setiap hari mereka melakukan minimal tiga perjalanan ke bandara dalam tiga jendela waktu, 06.00 pagi sampai 10.00 pagi, siang sampai 13.00 siang dan 16.00 sore ke jam 19.00 malam.

Itu juga memberikan kopi gratis kepada pengemudi di pagi hari, tetapi tindakannya tidak memadai. Menanggapi pertanyaan, juru bicara CAG mengatakan lima perusahaan taksi di sini telah membahas kekurangan taksi di bandara dengan CAG sebelum perusahaan mengajukan rencana untuk merevisi biaya tambahan lokasi dengan Dewan Transportasi Umum (PTC).

CAG mengatakan bahwa program insentifnya sendiri, yang semula dijadwalkan berakhir pada 30 April, juga akan berjalan hingga 16 Mei. Dari 17 Mei hingga 30 Juni, akan ada skema baru, di mana sopir taksi dapat memperoleh hadiah $10 jika mereka melakukan minimal tiga perjalanan ke bandara dari pukul 06.00 hingga 09.00 dan dari pukul 15.00 hingga 21.00.

Seorang juru bicara PTC mengatakan dewan telah diberitahu tentang niat operator taksi untuk menaikkan biaya tambahan lokasi taksi dan mengingatkan mereka untuk memberi tahu penumpang tentang tarif baru. Tidak disebutkan kapan rencana untuk menaikkan biaya tambahan diajukan.

Di bawah kerangka peraturan yang berlaku pada Oktober 2020, operator taksi di Singapura diharuskan untuk mengajukan rencana untuk mengubah tarif mereka setidaknya 28 hari sebelum melakukan perubahan. Mereka juga perlu mempublikasikan perubahan setidaknya tujuh hari sebelumnya.

Baca juga: Belajar Gerakan SOS dari TikTok, Pengemudi Taksi Selamat dari Penumpang Bersenjata

Yeo Wan Ling, penasihat Asosiasi Taksi Nasional (NTA), mengatakan pengeluaran wisatawan secara tradisional menjadi komponen penting dari pendapatan taksi.
Tetapi dengan norma baru, pengemudi masih membiasakan diri dengan pengaturan waktu penerbangan dan terminal di bandara yang baru.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular