Thursday, February 22, 2024
HomeAnalisa AngkutanTerdengar Mirip Meski Beda Tipis, Ini Arti Sebenarnya "ER dan LR" di...

Terdengar Mirip Meski Beda Tipis, Ini Arti Sebenarnya “ER dan LR” di Boeing dan Airbus

Beberapa seri pesawat Boeing kita kenal dengan kode ER (Extended Range) dan LR (Long Range). Keduanya dapat dipersepsikan sebagai jenis pesawat yang mampu meladeni penerbagan lebih jauh dari varian standar. Meski terdengar satu arti, namun sejatinya ada sedikit yang membedakan antara ER dan LR, hal ini termasuk juga diterapkan oleh Airbus.

Baca juga: Dengan Boeing 777-300ER, Garuda Indonesia Buka Rute Penerbangan Jakarta – Doha

Boeing menggunakan istilah “Extended Range” (ER) dan “Long Range” (LR) untuk menggambarkan kemampuan jarak terbang dari pesawat mereka. Meskipun perbedaan antara keduanya mungkin tampak halus, namun ada perbedaan penting yang dapat dijelaskan sebagai berikut:

Boeing menggunakan istilah “Extended Range” (ER) untuk menunjukkan versi dari pesawat yang telah ditingkatkan kemampuan jarak terbangnya dari model dasar. Biasanya, pesawat ER memiliki modifikasi yang memungkinkan mereka untuk terbang lebih jauh dari model standar.

Modifikasi ini dapat mencakup tambahan tangki bahan bakar, peningkatan efisiensi mesin, atau perubahan dalam konfigurasi kabin untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar dan kinerja jarak jauh.

Contoh pesawat Boeing yang memiliki varian ER termasuk Boeing 777-200ER, Boeing 787-9 Dreamliner, dan lainnya.

Sementara Long Range (LR) pada pesawat Boeing menunjukkan bahwa pesawat tersebut memiliki kemampuan jarak terbang jauh yang telah dioptimalkan secara khusus. Ini berarti pesawat LR telah dirancang atau dimodifikasi untuk dapat menempuh jarak yang lebih jauh daripada versi standar atau ER.

Modifikasi pesawat LR mungkin meliputi peningkatan kapasitas tangki bahan bakar, peningkatan efisiensi mesin, pengurangan berat pesawat, atau perubahan aerodinamika untuk meningkatkan kinerja jarak jauh.
Contoh pesawat Boeing yang memiliki varian LR termasuk Boeing 777-200LR dan Boeing 787-10 Dreamliner LR.

Airbus
Di Airbus, istilah yang sering digunakan untuk menggambarkan kemampuan jarak terbang pesawat adalah “Extra-Long Range” (XLR) dan “Long Range” (LR). Perbedaan antara keduanya mirip dengan perbedaan antara Extended Range (ER) dan Long Range (LR) di Boeing, meskipun istilah yang digunakan sedikit berbeda. Berikut adalah penjelasan tentang persepsi di Airbus:

Airbus menggunakan istilah “Extra-Long Range” (XLR) untuk menunjukkan varian pesawat yang memiliki kemampuan jarak terbang ekstra jauh. Ini menunjukkan bahwa pesawat telah dimodifikasi atau dirancang dengan fitur khusus untuk memungkinkan penempuh jarak yang sangat jauh.

Modifikasi atau fitur yang memungkinkan pesawat memiliki kemampuan XLR mungkin termasuk tambahan tangki bahan bakar, peningkatan efisiensi mesin, atau perubahan dalam konfigurasi kabin untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar dan kinerja jarak jauh.

Contoh pesawat Airbus yang memiliki varian XLR termasuk Airbus A321XLR, yang dirancang untuk memberikan kemampuan jarak terbang jauh yang belum pernah ada sebelumnya pada pesawat kelas single-aisle.

Di Paris AirShow 2019 Airbus Perkenalkan A321XLR, Apa Saja Keunggulannya?

Long Range (LR) pada pesawat Airbus menunjukkan bahwa pesawat tersebut memiliki kemampuan jarak terbang jauh yang telah dioptimalkan secara khusus. Ini berarti pesawat LR telah dirancang atau dimodifikasi untuk dapat menempuh jarak yang lebih jauh daripada varian standar.

Modifikasi pesawat LR mungkin meliputi peningkatan kapasitas tangki bahan bakar, peningkatan efisiensi mesin, pengurangan berat pesawat, atau perubahan aerodinamika untuk meningkatkan kinerja jarak jauh.

Contoh pesawat Airbus yang memiliki varian LR termasuk Airbus A350-900LR, yang dirancang untuk memberikan kinerja jarak terbang jauh yang optimal di antara varian A350.

Dalam Airbus, persepsi tentang kemampuan jarak terbang pesawat serupa dengan Boeing, tetapi istilah yang digunakan sedikit berbeda. Konsep dasarnya tetap sama: XLR menunjukkan varian dengan kemampuan jarak terbang ekstra jauh, sementara LR menyoroti kemampuan jarak terbang jauh yang telah dioptimalkan.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru