Thursday, April 18, 2024
HomeAnalisa AngkutanTerminal de Buses de La Paz - Mengenal Stasiun Bus Tertinggi di...

Terminal de Buses de La Paz – Mengenal Stasiun Bus Tertinggi di Dunia, Ada di Ketinggian 4.100 Mdpl

Tanggula di dataran tinggi Tibet, Cina dengan ketinggian 5.068 meter di atas permukaan laut (mdpl), dikenal sebagai stasiun kereta tertinggi di dunia. Sama-sama pra sarana di darat, lantas bagaimana dengan terminal? Dimanakah lokasi terminal bus tertinggi di dunia?

Baca juga: Tanggula, Stasiun Terbengkalai di Atas Awan

Terminal bus tertinggi di dunia terletak di La Paz, Bolivia. Terminal ini dikenal sebagai Terminal de Buses de La Paz (Terminal Bisnis La Paz) atau juga dikenal sebagai Terminal de Buses de El Alto karena dekat dengan kota El Alto.

Terminal ini terletak di ketinggian sekitar 4.100 meter (13.450 kaki) mdpl, menjadikannya terminal bus tertinggi di dunia. La Paz adalah salah satu kota terletak di dataran tinggi Andes, dan terminal ini merupakan pintu gerbang utama bagi wisatawan yang ingin menjelajahi dataran tinggi Bolivia.

Terminal ini dibangun pada tahun 2000-an untuk menggantikan terminal bus lama yang semakin tidak mencukupi kebutuhan karena pertumbuhan lalu lintas yang pesat di La Paz dan El Alto. Dengan ketinggian yang ekstrem, terminal ini menjadi titik awal perjalanan bagi banyak wisatawan dan penduduk lokal yang ingin menjelajahi kota-kota dan pegunungan di sekitarnya. Terminal ini juga menjadi tempat pertemuan dan aktivitas ekonomi penting bagi masyarakat setempat.

Beberapa rute bus populer dari terminal ini termasuk ke kota-kota seperti Cochabamba, Oruro, Sucre, dan Santa Cruz, serta ke destinasi wisata seperti Danau Titicaca, Uyuni (untuk Salar de Uyuni), dan Tarija.

Jungfraujoch, Stasiun Tertinggi di Eropa yang Sajikan ‘Lukisan’

Karena ketinggian yang ekstrem, bus yang melayani rute ke Terminal de Buses de La Paz biasanya harus memiliki spesifikasi khusus. Beberapa bus yang melayani rute ini dilengkapi dengan mesin yang lebih kuat untuk menangani kondisi perjalanan yang berat di dataran tinggi, serta sistem pendingin udara yang efisien untuk mengatasi perbedaan suhu yang ekstrem di malam hari.

Selain itu, karena jalan-jalan di sekitar La Paz dan El Alto sering kali berliku-liku dan curam, bus-bus ini juga harus memiliki kemampuan manuver yang baik dan sistem pengereman yang handal. Beberapa operator bus mungkin juga memilih untuk menggunakan bus dengan kabin yang dilengkapi dengan sistem oksigen tambahan untuk penumpang yang mungkin mengalami kesulitan bernapas karena ketinggian.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru