Tes GeNose C19 Berlaku Penyesuaian Tarif, Kini Menjadi Rp30 Ribu

0
GeNose (ugm.ac.id)

Setelah satu bulan memberlakukan tarif khusus Rp20 ribu, PT Kereta Api Indonesia (KAI) mulai besok 20 Maret 2021 mulai melakukan penyesuaian tarif untuk tes tes Covid-19. KAI menyebutkan tarif tes GeNose akan naik Rp10 ribu sehingga penumpang akan dikenakan Rp30 ribu setiap melakukan tes GeNose di stasiun sebelum keberangkatan dengan kereta jarak jauh.

Baca juga: Angkasa Pura I Dukung Rencana Penerapan GeNose di Bandara

“Setelah 1 bulan lebih diterapkan tarif khusus atau pre-launching sebesar Rp20 ribu, maka mulai 20 Maret 2021, tarif pemeriksaan GeNose C19 di stasiun adalah Rp30 ribu,” ujar pernyataan PT KAI melalui akun Instagramnya @kai121_.

Nantinya bukan hanya kenaikan tarif tes GeNose, KAI juga meningkatkannya dengan menambah lokasi pemeriksaan GeNose C19 secara bertahap. Mulai 20 Maret 2021 juga, layanan pemeriksaan GeNose C19 akan ditambahkan di sembilan stasiun lagi.

“Sembilan stasiun yakni Bekasi, Kiaracondong, Cirebon Prujakan, Tegal, Kutoarjo, Lempuyangan, Semarang Poncol, Jombang dan Sidoarjo,“ ujar pernyataan tersebut.

Adanya penambahan sembilan lokasi pemeriksaan tes GeNose ini, total keseluruhan kini sudah ada 23 stasiun dari Daerah Operasional (Daop) 1 Jakarta Hingga Daop 9 Jember. Salah satu bentuk peningkatan lainnya adalah pemeriksaan GeNose C19 di stasiun nantinya akan terintegrasi dengan ticketing system PT KAI.

“Sehingga, hasil pemeriksaan GeNose C19 pelanggan tersebut akan otomatis muncul pada layar boarding petugas. Saat ini, fitur tersebut sedang dalam tahap finalisasi,” ujar pihak PT KAI.

Sementara itu, untuk dapat melakukan pemeriksaan GeNose C19 di stasiun, calon penumpang harus memiliki tiket atau kode booking Kereta Api jarak jauh yang sudah lunas. Kemudian calon penumpang tidak boleh merokok, makan, minum (kecuali air putih), selama 30 menit sebelum melakukan tes GeNose C19.

Baca juga: GeNose, Alat Cek Covid-19 Buatan UGM Siap Diproduksi Massal, Termasuk Akan Digunakan PT KAI

Khusus untuk keberangkatan pada hari libur keagamaan dan libur panjang, diwajibkan menunjukkan surat keterangan negatif screening Covid-19 yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 1X24 jam sebelum keberangkatan. Untuk diketahui, 14 stasiun yang sudah memiliki layanan GeNose sebelumnya adalah Pasar Senen, Gambir, Bandung, Cirebon, Semarang, Tawang, Purwokerto, Yogyakarta, Solo Balapan, Madiun, Surabaya Pasar Turi, Surabaya Gubeng, Malang, Jember dan Ketapang.

LEAVE A REPLY