Thursday, June 13, 2024
HomeDomestikTirai Pembatas di Kabin Pesawat, Bukan Sekedar Memilah Antar Kelas dalam Penerbangan

Tirai Pembatas di Kabin Pesawat, Bukan Sekedar Memilah Antar Kelas dalam Penerbangan

Setelah lepas landas dan pesawat mencapai ketinggian aman, kemudian awak kabin akan beranjak dari kursinya, yang salah satu langkah awalnya menutup tirai pembatas antar kelas dalam kabin. Saat tirai ditutup menyiratkan waktu pelayanan oleh para awak kabin dimulai. Bagi sebagian orang, ada yang bertanya, sebenarnya apa fungsi dari tirai pembatas antar kelas tersebut?

Baca juga: Kenapa Penumpang Diminta Tutup Tirai Jendela pada Penerbangan Siang Hari? Dilarang Lihat Pemandangan?

Tirai pembatas antar kelas pada kabin pesawat digunakan untuk memisahkan kelas-kelas yang berbeda di pesawat, terutama pada pesawat komersial yang memiliki lebih dari satu kelas penumpang (misalnya, ekonomi, bisnis, dan kelas satu). Berikut adalah beberapa guna dari tirai pembatas antar kelas:

1. Privasi
Tirai pembatas memberikan privasi kepada penumpang di kelas-kelas yang lebih eksklusif, seperti kelas bisnis dan kelas satu. Dengan memisahkan kelas-kelas ini dari kelas ekonomi, penumpang di kelas-kelas yang lebih tinggi dapat menikmati lingkungan yang lebih tenang dan eksklusif selama penerbangan.

2. Membatasi Akses
Tirai pembatas membantu mengatur dan membatasi akses penumpang antar kelas. Biasanya, penumpang di kelas ekonomi tidak diizinkan untuk melewati tirai dan masuk ke kelas yang lebih tinggi, kecuali jika ada persetujuan atau alasan tertentu (misalnya, penumpang yang dinaikkan kelas).

3. Pengaturan Layanan
Pembagian antara kelas-kelas pesawat memudahkan pramugari dalam menyediakan layanan kepada penumpang dengan lebih terorganisir. Mereka dapat fokus pada melayani penumpang di setiap kelas tanpa campur aduk, sehingga memastikan kenyamanan dan kepuasan penumpang.

4. Pengaturan Dukungan Tambahan
Beberapa penerbangan mungkin memiliki staf tambahan untuk melayani kelas bisnis atau kelas satu dengan layanan lebih eksklusif. Tirai pembatas membantu memisahkan staf tambahan ini dari kabin ekonomi dan memudahkan mereka dalam melayani penumpang dengan standar yang lebih tinggi.

Baca juga: Inilah Tiga Fungsi Tirai di Kabin Pesawat, Apa Saja? 

Meskipun tirai pembatas biasanya digunakan pada penerbangan jarak jauh atau pesawat dengan beberapa kelas, beberapa maskapai saat ini menggunakan desain kabin terbuka tanpa tirai pembatas untuk memberikan kesan ruang yang lebih luas dan terbuka. Gaya desain ini memberikan pengalaman perjalanan yang berbeda dan menghadirkan konsep kabin yang lebih modern dan inovatif.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru