Wednesday, May 25, 2022
HomeBandaraUni Eropa Cabut Mandat Penggunaan Masker di Bandara dan di Dalam Penerbangan

Uni Eropa Cabut Mandat Penggunaan Masker di Bandara dan di Dalam Penerbangan

Mandat penggunaan masker untuk penumpang di penerbangan dan bandara di Eropa akan dicabut Senin (16/5/2022) mendatang. Meski begitu, aturan masker di setiap maskapai akan berbeda terutama pada penerbangan ke atau dari tujuan penggunaan masker masih perlu digunakan di transportasi umum dan penumpang yang rentan tetap harus menggunakan masker.

Baca juga: Ketika Terbang Tanpa Masker Diizinkan, Haruskah Khawatir Terular Covid?

Pencabutan mandat itu mengikuti dikeluarkannya pembaruan untuk langkah-langkah kesehatan serta keselamatan untuk perjalanan udara oleh Badan Keselamatan Penerbangan Uni Eropa (EASA) dan Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Eropa (ECDC) pada hari Rabu (11/5/2022).

Mereka mencatat bahwa masker masih menjadi salah satu perlindungan terbaik terhadap penularan Covid-19. KabarPenumpang.com melansir irishexaminer.com (11/5/2022), pembaruan protokol keselamatan kesehatan penerbangan bersama memperhitungkan perkembangan terbaru dalam pandemi.

Mereka juga mengatakan, khususnya tingkat vaksinasi dan kekebalan yang didapat secara alami dan pencabutan pembatasan yang menyertainya di lebih banyak negara Eropa. Pembaruan juga mencakup pelonggaran tindakan yang lebih ketat dalam operasi udara yang menurut badan-badan tersebut akan membantu meringankan beban industri.
Direktur Eksekutif EASA Patrick Ky mengatakan fakta bahwa masker wajah tidak lagi wajib dalam perjalanan udara merupakan langkah maju yang besar dalam normalisasi perjalanan udara.

“Namun penumpang harus berperilaku bertanggung jawab dan menghormati pilihan orang lain di sekitar mereka,” katanya.

Sedangkan untuk penumpang yang batuk dan bersin harus sangat mempertimbangkan dalam memakai masker wajah. Itu dilakukan untuk meyakinkan mereka yang duduk di dekatnya. Direktur ECDC, Andrea Ammon, mengatakan sementara risiko tetap ada, mereka telah melihat bahwa intervensi non farmasi dan vaksin telah memungkinkan kehidupan masyarakat mulai kembali normal.

“Meskipun wajib memakai masker dalam semua situasi tidak lagi direkomendasikan, penting untuk diingat bahwa bersama dengan jarak fisik dan kebersihan tangan yang baik, itu adalah salah satu metode terbaik untuk mengurangi penularan,” katanya.

Baca juga: easyJet Tambah Daftar Maskapai yang Izinkan Penumpang Lepas Masker di Pesawat

“Peraturan dan persyaratan keberangkatan dan negara tujuan harus dihormati dan diterapkan secara konsisten, dan operator perjalanan harus berhati-hati untuk memberi tahu penumpang tentang tindakan yang diperlukan secara tepat waktu. Pentingnya langkah-langkah ini harus terus dikomunikasikan secara efektif kepada penumpang untuk keselamatan mereka, dan ECDC akan terus bekerja dengan rekan-rekan kami di EASA untuk secara teratur menilai dan mengubah rekomendasi yang diperlukan,” tambahnya.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular