Saturday, February 24, 2024
HomeHot NewsWarga Sipil Punya Dua Paspor, Inilah yang Unik dari Rusia

Warga Sipil Punya Dua Paspor, Inilah yang Unik dari Rusia

Bagi warga sipil pada umumnya, kepemilikan paspor hanya satu buku untuk tiap individu. Namun, ada yang unik dari Rusia, dimana warga sipil di negeri sosialis tersebut mempunyai dua buku paspor. Persisnya individu di Rusia harus mempunyai dua paspor, dimana satu paspor digunakan untuk perjalanan internal (domestik) dan satu paspor lagi untuk perjalanan ke luar negeri.

Baca juga: Paspor Terkuat di Dunia Tahun 2021, Wakil Asia Jepang-Singapura-Korsel Urutan Teratas!

Dikutip dari themoscowtimes.com, Presiden Rusia Vladimir Putin sejak tahun 2015 telah meneribitkan dekrit tentang penggunaan dua paspor. Sebelum adanya dekrit, hak untuk memiliki dua paspor internasional hanya diberikan kepada warga negara Rusia yang pekerjaannya terkait dengan perjalanan reguler ke luar negeri, itu pun dibatasi hanya sebulan sekali.

Aturan penggunaan dua paspor secara signifikan akan memperluas hak para pelancong di Rusia dan menghilangkan sejumlah masalah yang mereka hadapi sekarang. Misalnya, undang-undang baru soal imigrasi memungkinkan warga negara Rusia untuk mengajukan beberapa visa sekaligus. Selain itu, memiliki paspor kedua akan berguna saat mengajukan visa ke negara yang tidak bersahabat dengan negara lain yang sebelumnya dikunjungi oleh pelancong.

Paspor internal berisi kumpulan data sekunder yang berbeda, yang mencakup data tentang pendaftaran tempat tinggal seseorang untuk tujuan pemungutan suara. Sedangkan paspor eksternal memiliki data biometrik dan dikeluarkan dan ditangani sesuai dengan aturan yang berbeda.

Kelompok tertentu orang Rusia tidak diizinkan untuk bepergian ke negara lain tanpa izin khusus, semisal karyawan dari agen/perusahaan keamanan, sehingga mereka sering kali tidak diizinkan untuk menyimpan paspor eksternal mereka di rumah. Sebaliknya, paspor eksternal mereka ditangani oleh pimpinan mereka.

Baca juga: Keren, Denmark Luncurkan Paspor Digital Covid-19, Seperti Apa? 

Paspor internal diperlukan untuk sejumlah tindakan, mulai dari memilih hingga membeli alkohol (Anda harus berusia 18+ untuk melakukannya). Kebanyakan orang dewasa Rusia memiliki paspor internal, sementara hanya sekitar 30 persen orang dewasa Rusia yang memiliki paspor eksternal.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru