10 Bandara Ini Disebut Sebagai Yang Tersibuk

Ada Bandara terbaik, ada bandara terburuk dan ada juga bandara yang menyandang gelar tersibuk di dunia. Untuk masuk kategori bandara tersibuk, sudah barang tentu yang masuk adalah golongan bandara internasional. Masuk kategori sibuk menandakkan bandara mampu meng-handle penumpang dalam jumlah besar. Itu dari sisi kapasitas penumpang, bandara yang super sibuk juga digadang mampu menangani pergerakan pesawat dalam jumlah besar. Dan situs Telegraph.co.uk (24/1/2017) memberi peringkat 10 bandara tersibuk di dunia berdasarkan pergerakan penumpang.

  1. Bandara Internasional Dubai (Uni Emirat Arab)
    Bandara ketiga tersibuk di dunia secara keseluruhan dan menempati posisi utama di pengunjung internasional tersibuk. Pada awalanya di 2002, bandara ini hanya memiliki pengunjung 16 juta saja, dan kenaikan ini sungguh drastis selama 16 tahun ini dengan kenaikan 432 persen. Tahun 2015 lalu, bandara Dubai ini memiliki 77,5 juta pengunjung dan pada tahun 2016 lalu, melonjak hingga 83,6 juta pengunjung.Dubai_International_Airport
  2. London Heathrow Airport (Inggris). Urutan kedua pada bandara tersibuk dengan pengunjung internasional terbanyak ada di London Heathrow. Sejal tahun 1985, sebenarnya bandara tersibuk di Eropa ini sudah kedatangan 30 juta pengunjung dan hingga kini jumlah it uterus meranjak hingga di angka 71 juta pengunjung. Sayangnya karena kekurangan landasan pacu menjadikan London Heathrow memiliki pertumbuhan yang sulit.
  3. Hong Kong International Airport (Tiongkok). Bandara yang dibangun di tanah reklamasi ini dibuka sejak 1998 dan terus berkembang 153 persen sejak 2002 lalu. Awalnya bandara ini hanya melayani 27 juta penumpang internasional, namun pada 2015 lalu, hongkong telah menjadi bandara tersibuk dengan pengunjung internasional terbanyak ketiga dengan jumlah 68,1 juta. Bandara ini, pada 2016 juga mendapat julukan bandara terbaik kelima oleh Skytrax.
  4. Paris-Charles de Gaulle Airport (Perancis). Bandara yang menempati urutan 9 tersibuk secara keseluruhan ini, justru menempati urutan ke empat pada penumpang internasional yang berkunjung ke Charles de Gaulle Airport ini. Ini bisa terlihat dari 2015 sebanyak 60,4 juta pengunjung yang sudah berangkat atau menyambangi bandara ini.
  5. Amsterdam Airport Schiphol (Belanda). Bandara tertua di dunia ini dulunya bandara yang digunakan untuk pangkalan militer pada tahun 1916 sebelum kemudian digunakan untuk pesawat sipil 1920. Bandara di Belanda ini memiliki 6 landasan pacu yang memiliki rute tersibuk untuk pengunjung internasional yakni Heathrow, Barcelona, Paris, Roma dan Gatwick. Tak hanya itu tercata pada 2015 lalu, bandara ini memiliki pengunjung sebanyak 58,2 juta penumpang.
  6. Changi Airport (Singapura). Changi, tak perlu diragukan lagi sebagai bandara penumpang tujuan internasional terbanyak juag. Ini terlihat dari banyaknya pesawat transit ataupun pesawat tujuan internasional langsung dari Singapura ke negara lainnya. Pada tahun 2015 lalu, Changi memiliki pengunjung sebanyak 54,8 juta. Bandara ini juga dinobatkan menjadi bandara terbaik pada pengharann Sktrax selama empat tahun berturut-turut. Bisa dikatakan, bandara ini memiliki fasilitas yang luar bias, dari bioskop gratis, kolam renang, air terjun dengan tinggi 6 meter dan taman kupu-kupu yang berisi 1000 spesies.
  7. Frankfurt Airport (Jerman) Fankfurt menjadi 12 bandara tersibuk secara keseluruhan di dunia baik penerbangan dalam negeri maupun internaionalnya. Total penumpangnya untuk 2015 sebanyak 54 juta dan di tahun 2016 menanjak hingga 61 penumpang untuk tujuan iternasional.
  8. Incheon International (Korea Selatan). Menurut Skytrax Award, Bandara Incheon ini adalah bandara terbaik ke dua dan memiliki pengunjung pada 2015 lalu sebanyak 48,7 juta orang. Bandara ini terhitung memiliki perkembangan yang pesat sejak 2001 hingga 2015 lalu.
  9. Suvarnabhumi (Thailand). Bandara yang berada di kota Bangkok ini, dibuka sejak 2006 lalu dan memiliki rute popular ke Hongkong, Singapura, Seoul, Dubai dan Shanghai. Ada 3 maskapai yang menjadi tombak utama pada Suvarnabhumi yakni Thai Airways International, Bangkok Airways dan OrientThai Airlines. Dan tercatat pada 2016, pengunjung yang mampir ke bandara ini sebanyak 46 juta orang.
  10. Ataturk, Istanbul (Turki). Bandara terbesar di Istanbul ini setiap harinya melayani pengunjung atau wisatawan sebanyak 41,1 juta penumpang. Ataturk merupakan bandara yang berkembang dengan cepat bahkan lebih cepat dari Dubai.

Inilah, 10 urutan bandara tersibuk dengan pengunjung internasional tersibuk. Bandara-bandara ini, bukan hanya tersibuk di jalurnya tetapi sibuk dalam hal pengunjung dan di tunjang dengan fasilitas yang baik.