10 Maskapai dan Rute Narrowbody Jarak Jauh Terbesar di Dunia, Ada Maskapai Indonesia?

0
Copa Airlines berhasil bertengger menjadi maskapai yang operasikan peswat narrowbody jarak jauh terbesar di dunia. Foto: anna.aero

Virus Corona memang betul-betul mengubah industri penerbangan global. Bulan April lalu, Bandara Internasional Ted Stevens Anchorage (ANC), yang lokasinya terpencil di Negara Bagian Alaska, Amerika Serikat (AS), justru dinobatkan sebagai bandara tersibuk di dunia.

Baca juga: Sambut Perayaan Satu Abad, Qantas Layak Bangga Jadi Maskapai Teraman di Dunia

Sekalipun mayoritas didominasi penerbangan kargo, tetap saja, gelar bandara tersibuk di dunia yang dinobatkan kepadanya terasa aneh dan sudah pasti ini terjadi karena pengaruh perubahan penerbangan global akibat Covid-19.

Tak cukup sampai di situ, keanehan lain juga terungkap baru-baru ini. Dari data anna.aero, diketahui rute pesawat narrowbody jarak jauh terpopuler di dunia tahun 2021, dengan jarak di atas 4.500 km, justru didominasi oleh Amerika Latin.

Dari 10 daftar rute pesawat narrowbody jarak jauh, enam di antaranya ada di Amerika Latin, mulai dari Panama City-Sao Paulo, Panama City-Santiago, Bogota-Rio de Janeiro, Montevideo-Panama City, Panama City-Rio de Janeiro, dan Buenos Aries-Panama City. Menariknya, kecuali Buenos Aries-Panama City yang menempati posisi ke-10, rute-rute tersebut berturut-turut menempati posisi teratas.

Padahal, dalam kondisi normal di tahun-tahun sebelumnya, rute-rute Amerika Utara cukup mendominasi.

Namun di tahun 2020 lalu, rute Amerika Utara yang masuk dalam daftar tersebut dan bertengger di urutan keenam adalah Chicago – Anchorage yang dioperasikan oleh United Airlines, Alaska Airlines (menggunakan Boieng 737), dan American Airlines (menggunakan A321neo), Los Angeles-Panama City di urutan kedelapan, serta Keflavik-Seattle di urutan ke-sembilan yang dioperasikan oleh Icelandair.

Bila dilihat dari salah satu kota tujuan, itu berarti sembilan dari 10 daftar rute pesawat narrowbody jarak jauh, sembilan di antaranya melibatkan Benua Amerika. Satu-satunya rute non-Amerika adalah Mumbai-Nairobi yang menempati posisi ketujuh dengan jumlah kursi yang terjual sebanyak 100 ribu lebih, jauh tertinggal dari posisi teratas yang mencapai nyaris 500 ribu.

Untuk daftar 10 maskapai narrowbody jarak jauh terbesar di dunia di tahun berjalan 2021 ini diraih oleh Copa Airlines. Maskapai LCC asal Brazil itu sudah menerbangkan sekitar 2 juta penumpang (28 persen dari total kursi yang terjual), menggunakan armada all-Boeing (termasuk 737 MAX 9) di rute-rute, seperti Panama City (PTY) ke Montevideo (MVD), Buenos Aries, dan Rio de Janeiro.

Rute PTY-MVD bahkan berjarak 5.447 km atau hampir menyentuh maksimum range Boeing 737-800 yang digunakan maskapai, yaitu sejauh 5.765 km.

Disebutkan, Copa Airlines mengungguli United Airlines, Turkish Airlines, Icelandair, Avianca, Alaska Airlines, dan Delta Airlines di posisi kedua sampai ketujuh. Sedangkan untuk posisi kedelapan sampai ke-10, berturut-turut diisi oleh Kenya Airways, GOL Linhas Aéreas Inteligentes, dan TUI.

Baca juga: Terbang Lintas Benua! Inilah 10 Rute Terpanjang Penerbangan Non Stop Komersial

Maskapai yang menempati posisi pertama sampai keempat, serta posisi ketujuh mungkin tidaklah asing. Sebab, di tahun-tahun sebelumnya maskapai tersebut selalu masuk dalam 10 besar. Namun, sisanya adalah nama-nama baru, menggeser nama-nama lama, yang salah satunya datang dari Indonesia.

Di tahun 2018, maskapai asal Indonesia, Citilink, sempat masuk ke dalam daftar 10 maskapai yang menerbangkan pesawat narrowbody jarak jauh terbesar di dunia. Maskapai LCC anak perusahaan dari Garuda Indonesia ini, saat itu berhasil menempati di posisi kedelapan. Capaian itu diraih Citilink berkat rute gemuk mereka, Denpasar-Sydney sejauh 4.744 km.

Leave a Reply