13 Tips Perjalanan Luar Negeri dengan Ransel

Sebagai pecinta wisata, Anda haruslah memiliki pengalaman yang lebih banyak untuk mengepak barang saat menggunakan ransel bukan koper. Apalagi saat ini maskapai dengan low cost carrier (LCC) membuat perjalanan ke luar negeri lebih mudah terjangkau dan dinikmati.

Seorang penulis dan blooger Taiwan, Kazuhiro Maehara atau yang biasa dipanggil Mae-Chan memberikan beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk mengemas barang saat bepergian ke luar negeri dengan menggunakan ransel. Dikutip KabarPenumpang.com dari japantoday.com, ada 13 tips pengepakan barang bawaan yang efisien agar bisa masuk ke dalam tas ransel.

Baca juga: Mau Travelling, Ini Tips Buat Melipat Pakaian Yang Hemat Tempat!

1. Gunakan tas vakum
Ini menjadi salah satu barang yang banyak digunakan oleh wisatawan dan menjadi barang travel standar. Biasanya digunakan untuk memasukkan pakaian yang sudah dilipat rapi dan setelah semuanya masuk nantinya tas ini akan di vacum untuk menghilangkan udara yang ada di dalamnya. Jangan pernah masukkan pakaian yang belum rapi ke dalam tas ini, kalaupun berantakan, akan sama saja memenuhi ruang tas Anda.

vacum bag

2. Perlengkapan mandi di wadah kecil
Ganti ukuran wadah untuk sabun, sampo, colonge, sabun cuci muka dan keperluan mandi lainnya ke yang lebih kecil. Biasanya ini akan memudahkan Anda dan membuat ransel lebih ringan dibandingkan dengan ukuran asli wadahnya. Untuk shampo banyak dijual yang sekali pakai, ini bisa lebih memudahkan Anda dalam bepergian.

3. Beli kaus kaki yang mudah digulung
Bila ke negeri lain dan kondisi cuaca dingin, pastinya Anda memerlukan kaus kaki. Pilih kaus kaki yang mudah di gulung, kalau bisa gulungannya sangat erat dan tidak menghabiskan banyak tempat di tas. Hal ini sama dengan pakaian dalam, baiknya Anda bisa menggulung pakaian dalam dengan erat.

Kaus kaki

Baca juga: Siapkan yang Penting, Tinggalkan yang Tak Perlu saat Traveling

4. Pakaian kompresi
Terkadang di tempat yang lebih dingin Anda akan membutuhkan baju yang lebih tebal dan pastinya akan membuat ransel Anda berat. bawa pakaian kompresi yang hangat dan memiliki sedikit lapisan. Awal ada pakaian ini untuk perlindungan terhadap sindrom kelas ekonomi yang disebabkan oleh posisi pada penerbangan yang panjang. Pakaian ini menempel pada tubuh dan membuat hangat. “Saya berhasil menghabiskan satu minggu di suhu bawah nol saat di Hokkaido. Saat itu dengan mengenakan celana dan jeans hanya di tubuh bagian bawahku dan baik-baik saja,” ujar Mae-Chan.

5. Perlengkapan mandi tipe film
Muji telah membuat produk perjalanan khusus beberapa tahun terakhir. Saat ini mereka menjual sbun dan pasta gigi tipe film (roll film). “Awalnya saya terkejut saat menggunakan ini. Setelah saya mencoba ternyata tetap berbusa sama seperti versi standarnya,” jelas Mae-Chan.

Toileters

6. Gunakan barang multi guna
Cari barang yang bisa berguna banyak hal, seperti sebuah kain atau shemagh Afganistan yang sudah lama di gunakan di Timur Tengah. Satu kain ini bisa digunakan sebagai handuk mandi, selimut kecil, syal, tuup kepala hingga masker. Tak hanya itu banyak juga barang yang berkombinasi baterai dan charger ponsel. “Kalau di Jepang ada kain tenugui multiguna yang populer,” kata Mae-Chan.

7. Cek yang disiapkan di tujuan
Setiap tempat tujuan seperti hotel atau penginapan, baiknya di cek terlebih dahulu apakah menyediakan alat mandi hingga handuknya. Bila sudah ada baiknya, Anda tidak perlu lagi membawa alat-alat tersebut. Biasanya alat mandi, handuk dan perlengkapan toileters lainnya disiapkan oleh hotel bintang tiga keatas, namun saat ini penginapan biasa sudah banyak juga yang menyediakan toileters.

“Ketika saya pergi ke Australia, saya membeli ketel perjalanan, tapi semua penginapan dan persewaan menyediakan ketel untuk digunakan para tamu, jadi saya hanya menyeret sampah tak berguna. Periksa secara online sebelumnya apa yang tersedia dan Anda tidak akan berakhir melakukan hal yang sama,” ungkapnya.

8. Gunakan phablet
Bila Anda memiliki smartphone biasa dan tablet baiknya pakai salah satu atau gunakan pahblet dengan layar lebih dari lima inci. Hal ini bisa memudahkan dan meringankan tas Anda. Phablet bisa digunakan untuk bekerja dan hal lainnya karena layar lebih besar dari smartphone biasanya.

Baca juga: Biar Nyaman di Penerbangan Kelas Ekonomi Jarak Jauh, Baca Ini!

9. Digitize apa yang bisa digitalkan.
Kertas, bisa menghambat perjalanan karena terkadang tak muat dalam ransel. Bila ada dokumen penting yang bisa di foto, simpanlah di kamera smartphone Anda. Ini akan benar-benar membuat Anda lebih nyaman, apalagi bila dokumen diperlukan bisa menzoom tulisan pada foto.

10. Ambil SIM smartphone gratis yang bisa Anda gunakan di luar negeri
Ketika Anda pergi ke luar negeri Anda menyewa WiFi saku? Di Jepang, banyak smartphone yang ditawarkan oleh operator besar seperti Docomo tidak dapat digunakan di luar negeri tanpa menimbulkan biaya roaming.

Namun, jika Anda membeli smartphone murah yang bisa menggunakan kartu SIM, Anda bisa membeli kartu SIM prabayar di bandara saat Anda mendarat dan menggunakan telepon Anda seperti biasa. Biaya ini hanya 1000 sampai 3000yen (US$8-26), jadi harganya jadi lebih murah daripada sewa WiFi.

11. Belajar dari guru Anda
Bila Anda baru pertama kali melakukan perjalanan, cobalah cari referensi di website ataupun pada teman Anda yang sering bepergian. Ini akan membantu Anda lebih mudah dan membawa barang lebih praktis dari yang sebelumnya.

12. Gunakan daftar
Dengan sebuah daftar, pakaian, sepatu hingga hal-hal kecil bisa tercatat. Sehingga bila diperlukan Anda akan mudah mencarinya dan pastinya daftar ini bisa memudahkan Anda menghemat tempat barang-barang yang tidak perlu masuk ke ransel Anda.

List barang bawaan di ponsel

Baca: Jurus Meredam Emosi Saat Menunggu Antrian

13. Teruslah bepergian.
Rajin bepergian akan membuat Anda lebih mengerti cara mengepak barang dalam ransel. Apalagi bila ke luar negeri dan beban bagasi hanya di berikan 10-20 kg. Dengan sebuah ransel Anda bisa menghembat beban tas hingga jauh dari kata kelebihan bagasi. Sebab bila bagasi berlebih, mau tidak mau Anda harus membayarnya dan harganya pun pasti lebih mahal.