2021 Bakal Ada Balapan Mobil Remote Control di Bulan, Aktornya Anak SMP

0
Ilustrasi balapan mobil di bulan. Foto: KleinVision

Sebuah proyek prestisius cenderung aneh belum lama ini ramai diperbincangkan. Betapa tidak, saat negara-negara di dunia fokus mengirim manusia ke bulan, ide untuk mengadakan balapan mobil remote control tiba-tiba menyeruak. Anehnya lagi, salah satu pihak yang terlibat dalam proyek tersebut datang dari bangku sekolah kelas menengah (SMP).

Baca juga: Lihat Banyak Tempat Indah dari Luar Angkasa, Astronot Juga Butuh Liburan

Bila tak ada aral melintang, mobil balap remote control Moon Mark ini nantinya akan diangkut oleh pesawat luar angkasa Nova-C buatan Intuitive Machines, yang disematkan di atas roket SpaceX Falcon 9, pada Oktober 2021 mendatang.

Dilansir New Atlas, proyek balapan mobil remote control di bulan tersebut dimaksudkan untuk memberi hiburan sains dan teknologi kepada anak-anak sekolah; khususnya anak SMP. Pada pelaksanannya, enam siswa-siswi terbaik di setiap sekolah di seantero Amerika Serikat (AS), akan diikut sertakan untuk bersaing dalam kompetisi Moon Mark’s Mission.

Kategori dalam perlombaan itu mencakup mengoperasikan drone, balap kendaraan otomatis, e-gaming, hingga kontes kewirausahaan komersialisasi ruang angkasa. Setelah itu, dua tim teratas didapuk menjadi pemenang kontes tersebut dan berkesempatan untuk turut berkontribusi membuat dan merasakan keseruan balapan mobil remote control di bulan sekali seumur hidup.

Mengendalikan mobil lewat remote control yang berjarak cukup jauh tentu bukan perkara mudah. Secara umum, cara kerja remote pengendali dengan receiver yang tersemat di mobil, keduanya akan terhubung dengan lunar outpost serta lander melalui WiFi, dan lander akan mengirim dan menerima telemetri, perintah, dan kontrol ke dan dari Bumi untuk mendukung kesuksesan balapan mobil di bulan.

Dikarenakan jarak yang terlalu jauh, setidaknya akan terjadi delay, baik di layar yang terhubung dengan mobil remote control maupun pada mobil remote control itu sendiri, masing-masing sekitar 1,3 detik dan 2,6 detik. Pada bagian ini, tentu sang pembalap akan mengalami kesulitan untuk membelokkan atau memacu mobil remote control seberat 10 kg, dengan kecepatan kurang dari 1 km per jam itu saat balapan dua mobil ini dihelat.

Layaknya balapan mobil di darat, balapan mobil remote control di bulan juga akan terjadi di atas lintasan. Mula-mula, calon area yang akan dibangun sirkuit dipindai untuk memudahkan desainer sirkuit balapan mobil di bulan, Hermann Tilke. Setelah itu, desainer yang juga sudah malang-melintang merancang sirkuit Formula 1 di seluruh dunia ini nantinya akan mengembangkan sirkuit yang mulus dan nyaman untuk balapan, sekalipun permukaan di bulan cenderung kasar.

Baca juga: Rusia Bakal ‘Hidupkan Kembali’ Buran, Pesawat Ulang-Alik yang Jadi Kebanggaan di Era Perang Dingin

Setelah semua itu berhasil, games balapan mobil di bulan ini akan dijual di seluruh dunia, dengan tarif yang belum disebutkan secara detail.

“Moon Mark adalah perusahaan hiburan dan pendidikan, yang akan membuat dan mendistribusikan konten secara global. Kami akan menangkap dan berbagi petualangan generasi berikutnya, saat mereka bersaing untuk menjadi siswa pertama yang karyanya mendarat di Bulan. Setelah balapan itu sendiri, kendaraan akan pindah ke misi ilmiah mereka, tetap berada di permukaan bulan tanpa batas waktu,” kata Mary Hagy, CEO Moon Mark.

Leave a Reply