5 Fakta Unik Tentang Qatar Airways yang Mungkin Baru Anda Tahu!

Sumber: istimewa

Flag Carrier Qatar Airways muncul sebagai maskapai yang paling banyak memiliki tujuan penerbangan di Benua Biru. Tidak tanggung-tanggung, terdapat kurang lebih 55 kota di Eropa yang dihinggapi oleh armada-armada Qatar. Di Inggris saja, Qatar menyasar enam destinasi sekaligus – London Heathrow, London Gatwick, Cardiff, Birmingham, Manchester, dan Edinburgh. Diantara keenam kota ini, London Gatwick merupakan bandara paling baru yang didaftarkan Qatar sebagai salah satu destinasi penerbangannya.

Baca Juga: Tak Lagi Gunakan Airbus A380, Qatar Airways Ganti Armada Tujuan Atlanta

Itu baru Inggris, semisal Anda hendak bertolak menuju Perancis, Anda bisa mendarat di Paris atau di Nice. Berbeda dengan Italia yang memiliki empat kota destinasi – Roma, Milan, Pisa, dan Venesia. Pun dengan negara-negara lain yang ada di Eropa sana. Selain meraih predikat sebagai maskapai yang mendominasi penerbangan menuju Eropa, ada beberapa fakta unik dari maskapai terbaik di dunia versi World Airlines Award 2015 ini.

Berikut KabarPenumpang.com himpun empat fakta unik lainnya dari Qatar Airways, dikutip dari laman gotravelyourway.com.

Maskapai Pertama yang Mengoperasikan Airbus A350
Pada 15 Januari 2015 silam, Qatar menjadi operator pertama yang mengoperasikan Airbus A350-900. Kala itu, pesawat baru berlivery Qatar ini melakoni perjalanan dari Doha menuju Frankfurt. Tidak hanya itu, Qatar juga tercatat sebagai maskapai yang paling banyak memesan A350-900 dengan jumlah 80 armada, disusul oleh Singapore Airlines dengan 67 armada, dan Etihad dengan 62 armada.

Maskapai Pertama yang Mengoperasikan Airbus A380
Mungkin kebanyakan operator penerbangan di luar sana akan memilih untuk mengoperasikan salah satu dari tiga armada paling canggih saat ini – Airbus A350, A380, dan Dreamliner. Namun tidak bagi Qatar yang lebih memilih untuk mengoperasikan ketiganya secara bersamaan. Hebatnya lagi, Qatar merupakan maskapai pertama yang memasang liverynya di tiga armada tersebut.

Mengoperasikan Penerbangan Terjauh!
Ya, Qatar merupakan raksasa di dunia aviasi yang tercatat menjalankan rute penerbangan terjauh saat ini, yaitu dari Doha menuju Auckland. Jarak yang terpaut 14.536km antara dua kota ini ditempuh dengan waktu 18 jam 30 menit. Dalam mengoperasikan rute ini, Qatar mempercayakan armada Boeing 777-200LR (Longer Range).

Baca Juga: Antara Qatar Airways, Irlandia, dan Jamaah Umroh Indonesia

Mensponsori Klub Terbaik di Dunia
Tidak bisa dipungkiri jika FC Barcelona merupakan salah satu klub terbaik di dunia saat ini, dan Qatarlah yang menjadi sponsor utama dari klub yang bermarkas di Camp Nou, Spanyol ini. Berbeda dengan rival FC Barcelona, Real Madrid yang disponsori pula oleh pesaing utama dari Qatar, Emirates.