6 Panduan Kru Maskapai Menangani Penumpang yang Berpuasa

Youthmanual

Saat puasa, terkadang untuk melakukan perjalanan dinas atau bisnis keluar kota atau keluar negeri terasa malas, tetapi Anda mau tidak mau harus tetap berangkat. Sebab tidak mungkin tugas atau bisnis Anda tinggalkan begitu saja, apalagi bila menyangkut hal penting. Sebenarnya, umat Muslim saat melaakukan perjalanan jauh tidaklah diharuskan puasa, namun saat ini sudah ada beberapa maskapai yang mulai memahami penumpang beragama Islam yang menjalankan puasa.

Baca juga: Kenali Jenis Makanan Khusus dalam Penerbangan

Untuk melengkapi dan membantu umat Muslim, maskapai-maskapai ini membuat pelanggan dalam kenyamanan selama berpuasa di perjalanan saat menggunakan pesawat. Dilansir KabarPenumpang.com dari crescentrating.com ada enam panduan maskapai untuk memenuhi kebutuhan pelanggan Muslim selama bulan puasa.

1. Staf Chek in dan awak kabin
Para staf chek in dan awak kabin bisa mengetahui dasar-dasar selama puasa, ini untuk memudahkan hal-hal yang akan dilakukan umat Muslim saat berpuasa. Biasanya juga penumpang Muslim akan lebih sering dalam membaca atau mendengarkan lantunan ayat Al-Quran dan melakukan shalat.

Baca juga: Jadwal Perjalanan Terencana, Pesan Makanan Pun via Online

2. Bertanya kepada penumpang
Sebelum naik ke dalam pesawat, atau saat chek in, staf di konter chek in bisa bertanya apakah penumpang tersebut berpuasa atau tidak. Bila berpuasa, staf konter chek ini bisa memberitahukan kepada awak kabin bila si penumpang sedang berpuasa.

3. Kenali waktu sahur dan berbuka
Saat sahur adalah dimana untuk memulai puasa dan berbuka adalah periode berakhirnya puasa pada hari itu. Awak kabin yang bertugas harus juga jeli dengan hal ini bagi penumpang Muslim. Ini untuk memudahkan awak kabin memberikan makanan untuk berbuka bila dalam penerbangan tepat jam berbuka atau saat sahur sebelum waktu sahur habis. Untuk memudahkan, awak kabin bisa membuka situs muslim sebelum berangkat atau mengunduh aplikasi offline di iOS ataupun Android yang terkait dalam bulan puasa.

Baca juga: Nikmati Perjalanan dengan Makanan dan Minuman Sehat

4. Mengumumkan waktu sahur dan berbuka
Bila penumpang pesawat sebagian besar adalan Muslim, awak kabin senior haruslah mengumumkan waktu sahur dan berbuka. Biasanya, pengumuman ini disampaikan oleh maskpai-maskapai yang berangkat dari negara mayoritas Muslim seperti Arab. Atau awak kabin bisa memberitahukan kepada penumpang yang berpuasa secara terpisah bila sedikit yang berpuasa.

5. Makanan halal di kabin
Penumpang Muslim yang akan berangkat biasanya memesan makanan hala terlebih dahulu. Namun disarankan, untuk maskapai bisa menyediakan makanan halal selama bulan puasa dalam penerbangannya.

Baca juga: Pilah-Pilih Lounge Eksekutif di Bandara

6. Layani penumpang Muslim tepat waktu
Tempelkan stiker di kursi penumpang yang berpuasa, ini untuk memudahkan awak kabin lainnya bahwa ada penumpang yang berpuasa. Ini membuat awak kabin lebih mudah dalam melayani penumpang ini saat sahur ataupun berbuka.

Biasanya dengan memberikan layanan seperti ini, akan meningkatkan daya tarik maskapai. Pelayanan bagi penumpang Muslim juga tidak akan berdampak atau mengganggu penumpng non-Muslim, sehingga awak kabin tetap memberikan pelayanan yang sama.