6 Tips Ini Bisa Jadi Patokan Bagi yang Ingin Berwisata ke Rusia

Red Square Rusia (stmed.net)

Perhelatan Piala Dunia 2018 di Rusia memang telah usai, namun bagi publik di Indonesia, nama Rusia justru terdongkrak, setidaknya gelaran internasional tersebut menepis anggapan bahwa Rusia adalah negara yang serba tertutup dan menyeramkan akan komunisnya. Salah satu buah manis yang dipetik dari kesuksesan ajang piala dunia adalah meningkatnya Rusia sebagai pilihan destinasi wisata.

Baca juga: “Wonderful Indonesia” Kini Hadir di Jalanan Moskow

KabarPenumpang.com merangkum dari beberapa laman sumber, sebenarnya untuk mengunjungi negara Rusia sendiri sangat mudah dilakukan. Berikut ini beberapa tips yang bisa digunakan pelancong Indonesia untuk bertandang ke Rusia.

1. Visa
Visa mutlak untuk mengunjungi Rusia, karena negara ini masih memberlakukan wajib visa bagi WNI yang berkunjung kecuali diplomat. Untuk mengurus visa ke Rusia pun cukup mudah dengan melihat persyaratan pengajuan visa di situs Kedutaan Besar Rusia. Kemudian mengisi formulir secara online. Meski sudah melalui online, Anda tetap harus pegri ke konsulat Kedutaan Besar Rusia untuk mengajukan formulir yang sudah dicetak beserta dokumen-dokumen pelengkap yang dibutuhkan.

2. Biaya perjalanan
Satu rubel (mata uang Rusia) sekitar Rp228 sehingga jika berniat ke Moskow, Rusia selama seminggu selain biaya tiket bisa membawa sebesar US$500 atau setara dengan Rp7,2 juta. Ini mungkin menjadi jumlah yang cukup banyak untuk dihabiskan di kota Moskow. Jika pergi keluar dari Moskow bisa menghabiskan uang kurang dari Rp7,2 juta. Apalagi bagi seorang backpacker, jumlah segitu bisa ditekan lebih murah lagi dan mungkin lebih dari satu minggu untuk menikmati keindahan Rusia.

3. Tiket pesawat
Untuk sampai ke Rusia sayangnya belum ada penerbangan langsung sehingga harus transit dan menghabiskan waktu sekitar 19-23 jam tergantung rute transit pesawat. Tiket dari Jakarta ke Moskow pun terbilang cukup mahal sekitar US$450-US$550 atau sekitar Rp6,4 juta-Rp7,9 juta. Harga tiket ini pun tergantung dengan musim dan maskapai yang digunakan saat berkunjung ke Rusia. Jika memilih rencana liburan musim panas, sebagai pelancong Anda harus merogoh kocek sedikit lebih dalam untuk membeli tiket. Karena saat musim panas hampir semua orang berlibur. Selain itu jika memilih maskpai dengan jumlah transit yang sedikit dan waktu transit tidak terlalu lama maka ini juga berpengaruh pada harga tiket.

4. Tempat tinggal dan kendaraan
Kemudahan berkeliling Rusia sendiri tergantung tempat Anda tinggal atau penginapan. Penginapan di Rusia sendiri menawarkan harga yang beragam, pilih sesuai dengan kantong Anda. Bila Anda mendapat penginapan di Moskow, moda transportasi yang cukup dekat adalah kereta bawah tanah dan ini bisa membantu Anda berpindah satu tempat ke tempat lain di Moskow. Sebenarnya, berjalan kaki satu kilometer di Moskow dari lokasi penginapan ke tempat wisata terbilang dekat.

5. Berteman dengan orang Rusia
Sebagai orang yang baru pertama kali menginjakkan kaki ke Rusia dan benar-benar soerang diri, Anda masih bisa mengandalkan peta. Apalagi bagi seorang petualang yang mau merasakan sensasi Rusia tentu menjadi kenangan dan pengalaman yang cukup untuk dibanggakan. Namun ada baiknya memiliki teman seorang Rusia, karena bisa membantu Anda selama di sana untuk menikmati kota-kota indahnya.

Baca juga: Demi Video Viral, Pemuda Asal Rusia Pura-Pura Terjatuh di Lintasan Kereta Bawah Tanah

6. Bahasa dan aksara
Bahasa Rusia cukup rumit, tapi tenang saja, warga Rusia bisa berbahasa Inggris meski lebih menyukai bahasa mereka sendiri. Ya bisa dikatakan ini sama seperti di Indonesia. Bila Anda bepergian dan hendak menanyakan arah, cari anak muda karena biasanya mereka bisa berbahasa Inggris. Jangan patah semangat ketika Anda ditolak atau diacuhkan saat bertanya, itu bukan masalah besar. Biasanya mereka tidak percaya diri jika ditanya secara langsung dengan bahasa Inggris. Minimal, Anda bisa mengerti aksara Kiril, sebab papan petunjuk jalan di Rusia tidak semuanya menggunakan bahasa Latin.

Untuk tahun 2018 ini ada hal penting dan bisa digunakan pelancong yang akan mengunjungi Rusia. Bila memiliki kartu fan atau pass dengan foto Anda saat pegelaran Piala Dunia kemarin, ini bisa digunakan sebagai pengganti visa dan berlaku hingga akhir tahun 2018.