Tuesday, April 30, 2024
HomeDaratTak Mau Naik di Gerbong Khusus Wanita, Ternyata Ini Alasan Para Wanita...

Tak Mau Naik di Gerbong Khusus Wanita, Ternyata Ini Alasan Para Wanita Jepang

Perusahaan kereta Jepang yakni East Japan Railway Co. (JR East) dan Tokyo Metro Co. menyediakan gerbong khusus wanita antara pukul 07.00 pagi dan 09.30 pagi. Sedangkan layanan West Japan Railway Co (JR West) layanan metro di Osaka dan Nagoya mengoperasikan gerbong wanita.

Baca juga: Gerbong Khusus Perempuan Tak Hanya Ada di Indonesia

Namun pada pertengahan Januari 2020, beberapa stasiun TV utama di Jepang menyiarkan khusus terkait wanita Jepang yang tidak ingin naik gerbong khusus wanita. Dilansir KabarPenumpang.com dari mainichi.jp (22/1/2020), TV Asahi dan TBS menyiarkan keluhan perselisihan dalam gerbong dan beberapa wanita mengatakan, ada bau tajam dari parfum dan makeup.

Tak hanya itu, beberapa mengaku, banyak yang berperilaku buruk karena tak lagi digerbong campuran. Namun, acara TV ini memicu kritik dari warganet yang mengatakan, perselisihan juga terjadi dalam gerbong biasa. Bahkan sesama penumpang wanita dalam gerbong khusus tersebut sering berkelahi atau saling memukul.

Tak hanya itu, banyak gerakan yang mencoba menghapus gerbong khusus wanita karena beberapa pihak menganggap hal tersebut sebagai diskriminasi terhadap lagi-laki. Tapi sebuah tagar yang digunakan di media sosial mengatakan bahwa gerbong khusus wanita diperlukan agar tidak ada lagi korban pelecehan seksual.

Dalam sebuah tayangan TV Asahi pada 13 Januari mengangkat tema “Mengapa ada peningkatan pada wanita yang tidak ingin naik gerbong khusus wanita?” Pertanyaan tersebut juga disebar melalui media sosial. Ternyata jawaban beragam ketika sebuah video wawancara dengan penumpang wanita ditayangkan dan menjawab, “Wanita memaksa dan ketika tidak ada pria mereka tidak peduli apakah orang bisa melihat mereka.”

Seorang presenter wanita dalam acara tersebut, Chiharu Saito mengatakan, “Saya mengerti. Sepertinya saya mengangguk setuju sepanjang waktu. Itu membuat stres saya meningkat, jadi saya tidak benar-benar naik.”

Presenter lainnya, Shimpei Nogami mengungkapkan data investigasi yang dilakukan program TV tersebut dan kenyataan mengejutkan, bahwa 35 dari 50 orang mengatakan, mereka tidak naik dalam gerbong khusus wanita. Bahkan alasan lainnya pun didapat yakni ketika naik ke gerbong khusus wanita rambut penumpang lain bisa mengganggu dan mereka banyak menggunakan sepatu berhak.

Bahkan dalam gerbong khusus tersebut ada persaingan antar penumpang wanita yakni seperti memiliki produk bermerek, produk keluaran baru yang menjadikan seperti adanya sebuah kontes teratas di dalamnya. Hal ini kemudian membuat pembawa acara tersebut mengaku tidak pernah tahu ada yang seperti itu terjadi dalam gerbong khusus tersebut.

“Sekarang kita memahami sesuatu yang tidak pernah dipertimbangkan oleh sudut pandang pria,” ujar Nogami.

Masako Makino, seorang peneliti penelitian doktoral di Ryukoku University Criminology Research Center mengatakan, bahwa program ini sepenuhnya mengabaikan peristiwa yang menyebabkan gerbong khusus wanita dibuat untuk mencegah meraba-raba dan kenyataan bahwa masih ada korban serangan seksual di kereta api. Itu membuat wanita saling menyerang, upaya untuk memberikan arti penting bagi keberadaan pria, dan memungkinkan pria di luar menikmati menonton konflik.

Baca juga: Sepanjang Tahun Ini, 1400 Penumpang Pria Telah Diamankan Karena Masuki Gerbong Wanita

Dia menambahkan, “Ada juga media yang menggunakan subjek mobil khusus perempuan sebagai bahan untuk menangani dengan perspektif voyeuristic, mengatakan hal-hal seperti ‘Hanya perempuan jelek yang menaikinya. Dilihat dari fakta bahwa perempuan menyuarakan kritik terhadap program-program ini di bidang sosial media, saya merasa bahwa semakin banyak orang berbicara menentang kekerasan seksual dan diskriminasi perempuan dan bahwa kita sedang dalam proses menjadi masyarakat di mana orang dapat lebih mudah mengangkat suara mereka.”

 

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru