Ada “Investigator Ridge” di Layar IFE Etihad, Apakah Itu?

Penampakan Investigator Ridge di In-Flight Entertainment Etihad. Sumber: KabarPenumpang.com

Dalam lawatan tim KabarPenumpang.com beberapa waktu yang lalu ke Jerman, terdapat satu pemandangan yang sedikit mengganjal di hati. Bukan di destinasi tujuan, melainkan dalam perjalanan menuju titik transit Abu Dhabi sebelum melanjutkan penerbangan menuju Jerman. Menggunakan pesawat Boeing 787-900 Dreamliner milik maskapai asal Uni Emirat Arab, Etihad, terlihat ada “Investigator Ridge” terpampang di menu maps pada layar In-Flight Entertainment (IFE) E-Box.

Baca Juga: Etihad dan Air Arabia Kerjasama Hadirkan Low Cost Carrier Baru!

Tampilan layar maps umumnya menyajikan ikon kota-kota yang tengah dilewati atau akan dituju dalam sebuah rute penerbangan. Namun adanya label Investigator Ridge pada sisi sisi barat laut Pulau Sumatera menjadi tanda tanya tersendiri. Yang terbesik pertama adalah itu merupakan jalur atau rute hilangnya pesawat Boeing 777-200 Malaysia Airlines MH370.

Investigator Ridge sedikit banyaknya mengusik hati kecil dari siapa pun yang mengamati perkembangan sektor aviasi global dari hari ke hari. Mencoba menelaah dari beragam literasi, ternyara Investigator Ridge merupakan punggung bukit bawah laut yang berada di Samudera Hindia, tepatnya di sebelah barat daya Pulau Sumatera. Lalu, mengapa Investigator Ridge ini bisa mengusik siapa pun yang mengikuti berita seputar aviasi?

Ya, karena salah satu misteri terbesar di jagad aviasi, hilangnya Malaysian Airlines MH370, diperkirakan hilang kontak ketika pesawat berada di area Investigator Ridge tersebut. Jika di lihat di peta, Investigator Ridge ini berada bersebelahan dengan Ninetyeast Ridge (90E Ridge atau 90 ° E Ridge). Secara kasat mata, Anda semua tidak akan bisa melihat punggung bukit ini, baik Investigator maupun Ninetyeast Ridge – bahkan ketika Anda berada di permukaan laut sekalipun.

Baca Juga: (Lagi) Hipotesa Baru Misteri MH370: Pesawat Diduga Kehilangan Tekanan Kabin

Sayangnya, tidak ada banyak informasi yang dapat digali dari Investigator Ridge ini dan apa latar belakang dari Etihad untuk memunculkan nama Investigator Ridge di dalam in-flight entertainment-nya.

Kuat dugaan, pihak Etihad hanya ingin menginformasikan kepada para penumpang bahwa di sisi barat dari penerbangannya dari Jakarta menuju Abu Dhabi itu melintasi suatu daerah yang menjadi titik dimana Malaysian Airlines MH370 hilang kontak dengan menara pengawas.