Ada Robot Parkir Valet di Bandara Lyon, Begini Cara Kerjanya!

0
Sumber: foxnews.com

Walaupun di sebagaian kota-kota besar di dunia sudah memiliki moda khusus yang akan mengantarkan calon penumpang menuju bandara, namun  hal tersebut tidak menghalangi beberapa kalangan yang lebih memilih untuk menggunakan kendaraan pribadi untuk mengantarkan sanak saudara atau kerabatnya menuju bandara. Seperti yang kita ketahui bersama, mencari parkir di bandara kadang tidaklah mudah. Maka dari itu, sebuah bandara di Perancis mengambil inisiatif untuk mempekerjakan robot yang bertindak sebagai juru parkir valet. Bagaimana cara kerjanya?

Baca Juga: Atasi Masalah Crosswind, Konsep Endless Runway Bisa Jadi Solusi Jitu

KabarPenumpang.com melansir dari laman airport-technology.com (12/12/2017), Vinci Airport telah menandatangani kontrak kerja sama dengan Stanley Robotics untuk menyebarkan valet robot di Bandara Lyon-Saint Exupéry, Perancis. Sesuai dengan namanya, tugas dari robot adalah untuk memarkirkan kendaraan yang berada di titik drop-off. “Ini merupakan robot yang mampu mendeteksi sebuah kendaraan secara otomatis, lalu ‘menderek’ kendaraan tersebut menuju lahan parkir yang masih tersedia,” ungkap co-founder dan COO dari Stanley Robotics, Stéphane Evanno.

Setidaknya, para pengembang teknologi dari Stanley Robotics telah meneliti inovasi ini selama dua tahun lamanya, yang tentu saja valet robot ini sudah mengalami berbagai pembenahan sebelumnya. Bandara Charles De Gaulle di Perancis menjadi saksi bisu uji coba valet robot ini pada awal tahun 2017 kemarin, dan hasilnya pun cukup memuaskan. Beragam pertimbangan pihak pengelola bandara untuk ‘mempekerjakan’ robot ini akhirnya berbuah manis beberapa bulan berselang setelah uji coba tersebut.

Sebagaimana info yang didapat dari laman sumber, pengiriman robot ini sudah terjadi sejak bulan November silam secara bertahap, itu berarti layanan valet robot ini akan dapat dinikmati dalam waktu dekat. Untuk sistem kerja, robot yang diberi nama Stan ini akan sama persis melakukan apa yang dilakukan oleh petugas valet di pusat perbelanjaan. Para pemilik kendaraan akan terlebih dahulu mengunci kendaraan mereka dan melakukan pemesanan di counter yang tersedia. Setelah proses pemesanan selesai, Stan akan mulai menggiring kendaraan tersebut menuju lahan parkir yang tersedia.

Baca Juga: Dari Italia Sampai Ke Inggris, Berikut 10 Bandara Tersibuk di Benua Biru!

“Stan menggunakan teknologi yang sama dengan mobil otonom. Ia dapat memindai lingkungan di sekitarnya setiap saat, dan bereaksi terhadap apapun yang menghalangi jalannya,” jelas Stéphane.

Bagi Anda yang terpaksa menginapkan kendaraan Anda di bandara selama bepergian, layanan valet robot ini juga dapat mengembalikan mobil Anda ke lokasi yang telah ditentukan pada saat pemesanan di awal. Jadi Anda tidak perlu bersusah payah lagi menggeret koper menuju lokasi parkiran. Jika tidak meleset, pengiriman keseluruhan valet robot ini akan selesai pada tahun 2018 mendatang. Lebih lanjut, penggunaan sistem valet robot ini juga akan meningkatkan lahan parkir di bandara tersebut, yang semula hanya tersedia untuk 8.000 kendaraan, kini meningkat menjadi 12.000 kendaraan.

Leave a Reply