Agar Aman dan Nyaman Menggunakan Bus Malam, Tips Ini Layak Jadi Rujukan

0

Melancong menggunakan bus malam sering kali dilakukan untuk menghindari macetnya jalan atau sengaja agar sampai ketujuan pada pagi hari. Biasanya pelancong yang menggunakan bus malam bepergian setelah jam pulang kantor untuk menikmati weekend dan mencoba hal baru selain naik pesawat atau kereta api.

Baca juga: Luxury Class Sleeper Bus PO Harapan Jaya, Fasilitas “Mewah” dengan Harga Terjangkau

Ternyata, untuk menggunakan bus malam ada berbagai tips yang bisa digunakan untuk menghindari berbagai macam hal yang tidak diinginkan. KabarPenumpang.com merangkum dari laman theplanetd.com, ada 11 tips yang bisa digunakan saat menaiki dan memilih bus malam untuk perjalanan Anda.

1. Pastikan rute aman
Sebelum menggunakan bus malam, pastikan rute yang dilewati bus bukanlah tempat perampokan atau kecelakaan yang terjadi di malam hari. Jika ada peringatan ini, pilih bus lain atau berangkat siang hari.

2. Pilih bus kelas satu
Pikir panjang sebelum membeli tiket bus murah, baiknya pilih kelas satu dan cek apakah pengemudi ada dua untuk bergantian. Ini juga untuk kenyamanan Anda sebagai penumpang.

3. Pilih tempat duduk
Bagian tengah bus lebih nyaman dan aman untuk pilihan tempat duduk, tak hanya itu pilih yang dekat lorong dibandingkan di dalam. Kalau memilih tempat duduk juga baiknya melihat sebelah lawan jenis atau tidak, kalau pun tidak dan tempat sudah penuh tak masalah.

4. Simpan uang di berbagai tempat
Jika membawa lebih dari satu tas, pisahkan uang Anda, jangan dijadikan satu tas. Ini untuk mencegah terjadi apa-apa saat dalam perjalanan.

5. Kemas barang seperti naik pesawat
Menyimpa tas di bawah tempat duduk mungkin akan terjadi, karena tidak muat diatas. Jika terjadi seperti itu, pastikan membawa daypack untuk kebutuhan selama perjalanan seperti obat-obatan, air minum dan beberapa barang yang dibutuhkan agar tidak repot membuka tas besar Anda.

6. Tidak terlalu banyak minum
Bus malam yang berkelas biasanya menambahkan toilet didalamnya. Tetapi saat malam tiba terkadang Anda juga tidak merasa nyaman jika harus ke toilet. Apalagi melewati penumpang lain dan membuat mereka terganggu, baiknya tidak terlalu banyak minum untuk mengurangi rasa kebelet pipis Anda.

7. Bawa makanan sendiri
Bus-bus ini akan berhenti di beberapa tempat seperti restoran dan makanan yang dijual ada beberapa yang masih cukup layak untuk dimakan. Tapi tidak jaminan untuk dimakan. Apalagi di Indonesia yang seringnya makanan lebih banyak di panaskan atau sisa siang harinya. Baiknya bawa cemilan seperti kue, kacang buah atau makanan ringan lainnya yang bisa membuat Anda kenyang.

8. Gunakan ponsel dengan tanpa nada atau mode getar
Tak hanya berisik, bunyi dering ponsel juga mengganggu penumpang lain. Aplagi saat perjalanan malam dimana penumpang menikmati waktu tidur mereka. Alihkan mode suara ke mode getar agar penumpang lain tidak terganggu.

9. Gunakan penutup telinga dan masker penutup mata
Meredam kebisingan dengan menutup telinga menggunakan penutup. Selain itu gunakan penutup mata untuk menghalau cahaya lampu dan cahaya matahari pagi. Biasanya dengan dua alat ini bisa membantu Anda tidur dengan nyenyak.

10. Gunakan bantal leher
Membawa bantal leher bisa membuat leher nyaman saat tidur atau membaca di dalam perjalanan. Pilih bantal leher yang bisa di kempeskan dan ditiup saat akan digunakan, ini tidak akan memberatkan bawaan Anda.

Baca juga: Redbus dan Bosbis, Dua Apikasi Pembelian Tiket Bus AKAP Online

11. Gunakan obat untuk tidur nyenyak
Susah tidur dalam perjalanan adalah hal biasa. Beberapa orang menggunakan obat tidur agar lebih tenang. Tapi sebelum meminum obat tidu rkonsultasikan dulu ke dokter sebelum berangkat.

Leave a Reply