Aglis – Angkutan Motor Listrik Tiga Roda Khas Wong Solo

Aglis, motor roda tiga dari Solo (Tempo)

Kalau Jakarta punya Bajaj dengan tiga roda, Kota Solo di Jawa Tengah sebentar lagi juga akan punya moda transportasi roda tiga yang diberi label Aglis. Motor listrik ini dirakit oleh PT Prosan Alam Hijau bersama Solo Technopark. Meski bentuknya kecil tapi motor yang mirip Bajaj ini bisa mengangkut dua penumpang dan satu pengemudi.

Baca juga: The Solo, Electric Vehicle Roda Tiga yang Ramah Lingkungan nan Nyentrik

Dirangkum KabarPenumpang.com dari berbagai laman sumber, Aglis mampu melaju dengan kecepatan maksimal 35 km per jam. Meski tidak bisa kencang, Aglis merupakan kendaraan ramah lingkungan yang menggunakan baterai dengan kapasitas 45 Ampere dan tegangan 60 Volt serta mampu menggerakkan motor listrik berdaya seribu Watt.

Juru bicara PT Prosa Alam Hijau, Aldrian mengatakan, baterai yang digunakan Aglis akan penuh bila di charger hingga delapan jam dan mampu melaju sejauh 60-80 km. Meski berupa motor listrik, tetapi Aglis memiliki bentuk dan fitur yang mirip dengan mobil.

“Fiturnya lengkap seperti mobil. Seperti sebuah mobil, penumpang bisa masuk melalui pintu yang tersedia di bagian kanan dan kiri serta dilengkapi dengan power window,” ujar Aldrian yang dikutip dari tempo.com, Selasa (4/12/2018)

Bagian atap Aglis terdapat kaca semacam sunroof yang bisa dibuka sehingga penumpang tidak khawatir kepanasan. Maklum, kendaraan itu tidak dilengkapi dengan penyejuk udara (AC). Meski begitu, tersedia blower atau kipas yang tersedia di dashboard depan.

Untuk urusan hiburan, perangkat audio juga disiapkan untuk memanjakan pendengaran. Perangkat audio yang tidak menampilkan merek itu mampu digunakan untuk memutar cakram digital maupun flashdisk.

Selayaknya mobil, sepeda motor listrik ini juga bisa berjalan mundur. Pengemudi tidak perlu melihat spion karena kendaraan telah dilengkapi dengan kamera mundur yang terhubung dengan layar yang berada di dashboard. Sistem pencahayaan mengandalkan teknologi LED yang dikenal hemat energi. Sehingga, pasokan energi dari perangkat baterai tidak terlalu boros. Desain lampu depan motor listrik Aglis cukup modern dengan disematkannya lampu daytime running light berwarna putih.

Baca juga: Bajaj, Angkutan Beroda Tiga Yang Melegenda

Aldrian menambahkan, keseluruhan komponen sepeda listrik ini didatangkan dari Cina dan masih dalam perakitan. Tak hanya itu PT Prosan Alam Hijau dan Solo Technopark juga sudah bersiap untuk memproduksi sendiri sebagian komponen.

Meski belum dijual karen fokus ke produksi, nantinya jika sudah siap dijual, Aglis tersebut berkisar harga Rp45 juta. Bahkan bisa menjadi pengganti mobil golf yang harganya lebih dari Rp100 juta