Agustus 2017, Diharapkan Semua Rute Internasional Pindah ke Terminal 3 Bandara Soetta

Pada 1 Mei 2017 kemarin, Garuda Indonesia menjadi yang pertama pindah ke Terminal 3 untuk rute internasional. Perpindahan ini adalah awal dari Terminal 3 menjadi terminal internasional, sebab pada Agustus 2016 lalu, maskapai Air Asia perlahan berpindah ke Terminal 2F menggantikan posisi Garuda Indonesia yang berpindah ke Terminal 3.

PT Angkasa Pura II (Persero) menargetkan Agustus 2017 mendatang semua rute internasional di Terminal 2 akan berpindah ke Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta. Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin mengatakan, untuk tahap pertama ini Garuda Indonesia yang terlebih dahulu berpindah ke Terminal 3 per 1 Mei 2017. Nantinya akan disusul oleh maskapai lain untuk rute internasionalnya.

“Kita akan ada 3 tahap, pertama Garuda Indonesia. Kedua Sky Team Group yang terdiri dari delapan maskapai yang kita harapkan Juni ini bisa moving dari Terminal 2 ke Terminal 3. Dan hingga Agustus total akan ada 30 maskapai penerbangan rute internasional yang beroperasi di Terminal 3,” ungkapnya di Terminal 3 bandara Soetta, Tangerang, Senin malam (1/5/2017) yang dikutip dari okezone.com (2/5/2017).

Awaluddin mengatakan, saat ini Terminal 3 memiliki kapasitas yang mampu menampung penumpang sekitar 25 juta orang pertahun. Selain itu pihak AP II juga akan melakukan pembaharuan untuk terminal lainnya di bandara Soetta agar setara dengan bandara lainnya di dunia.

“Setelah Terminal 3 ini selesai dan kami akan revitalisasi Terminal 1, dan kemudian kelanjutan Terminal 2. Sehingga dengan reposisi beban Terminal akan lebih merata,” tambahnya.