Airbus Tunjukkan Cara Maskapai ‘Curi’ Ruang Kaki Luas Dekat Pintu Darurat

0
Airbus beritahu maskapai curi ruang kaki dengan bantalan kursi lipat di pintu pintu darurat (simpleflying.com)

Rasanya ruang kaki ekstra bisa penumpang dapatkan dan menjadi harga yang pantas bagi mereka yang duduk dekat pintu darurat. Namun, Airbus menunjukkan bahwa ada cara bagi maskapai penerbangan untuk mencuri semua ruang kaki dan mengganti dengan bantalan kursi lipat.

Baca juga: Dilema Seat Pitch, Maskapai Tambah Untung Penumpang Merana

Bagi banyak penumpang, kursi baris pintu keluar sebagai cawan suci dalam perjalanan kelas ekonomi. Dilansir KabarPenumpang.com dari simpleflying.com (30/3/2021), sedangkan beberapa maskapai penerbangan mengenakan biaya lebih untuk kursi ini di maskapai lain dan itu hanya keberuntungan yang mengartikan lebih banyak ruang kaki untuk perjalan Anda.

Pada pesawat dengan pintu darurat sayap berlebih, baris keluar cenderung memiliki jarak antar kursi sekitar 36 inci (91 cm), yang jauh lebih murah daripada 31 atau 30 inci pada baris kabin ekonomi. Sisi negatifnya adalah kursi ini hanya boleh ditempati oleh orang berusia di atas 15 tahun, dan mereka yang duduk di sana harus mampu secara fisik dan tidak bepergian dengan hewan peliharaan.

Alasan dari semua aturan ini sederhana dalam keadaan darurat, karena Andalah yang pertama mengambil tindakan. Mereka yang berada di barisan pintu keluar mungkin diminta untuk mengoperasikan pintu dalam keadaan darurat, dan akan diberi pengarahan oleh awak kabin tentang hal ini sebelum lepas landas.

Mereka harus bisa bergerak cepat, mengosongkan barisan, dan memberi jalan kepada orang lain yang harus keluar dari pesawat. Maka dari itulah mengapa ada lebih banyak ruang kaki untuk memungkinkan lebih banyak ruang lantai jika terjadi evakuasi cepat. Tetapi Airbus telah membuat rencana untuk menghilangkan manfaat itu.

Pada Crystal Cabin Awards 2019 yang kerap disebut sebagai ‘Oscar’ desain kabin pesawat, Airbus menghadirkan konsep yang disebutnya X-tend Seat. Kursi ini memiliki konsep baris pintu keluar yang unik, dengan mekanisme penyimpanan otomatis yang terlipat ke bawah saat kursi kosong. Itu dirancang sebagian besar untuk pesawat berbadan sempit dengan pintu keluar overwing, tetapi dapat digunakan di tempat lain juga.

Prinsip dari konsep ini adalah, alih-alih memberikan ruang kaki yang indah kepada penumpang di barisan pintu keluar, maskapai penerbangan dapat memberi mereka seat pitch yang normal dan masih memiliki ruang untuk evakuasi darurat. Airbus mengatakan ini akan menarik kembali sekitar sepuluh “ruang pada benda sempit, yang kemudian dapat didistribusikan ke kursi lain di kabin.

Jika Anda bertanya-tanya, tentang jaket pelampung di bawah kursi, sebagai gantinya ini akan disimpan di bawah jok depan. Kelemahan lain dari duduk di barisan pintu keluar tetap ada, seperti keterbatasan usia dan kemampuan, kurangnya sandaran dan larangan menyimpan tas di lantai.

Pada Airbus A320neo tipikal dalam konfigurasi semua ekonomi, akan ada 30 baris kursi dengan jarak 30 hingga 31 inci di mana sepuluh inci ekstra tidak cukup untuk masuk ke baris kursi lain, jadi mendistribusikan sepuluh inci cadangan ini di sekitar kabin akan memberi sepupuh baris ekstra satu inci, atau semua baris 0.33 inci ekstra.

Satu-satunya keuntungan realistis dari pencurian ruang kaki baris keluar ini, sejauh yang terlihat, adalah memberikan dua baris lagi jarak lima inci masing-masing menciptakan ‘Ekonomi premium’ kabin mini, atau mungkin produk kelas bisnis jarak pendek. Mempertimbangkan pekerjaan yang perlu dilakukan untuk memasang kursi ini dan mengkonfigurasi ulang sisa kabin, kami tidak dapat melihatnya sebagai konsep yang akan diambil lebih jauh dari ini, setidaknya tidak untuk pasar retrofit.

Baca juga: Akhirnya Penumpang Pesawat di Kursi Tengah Tak Perlu Rebutan ‘Armrest’ Berkat Inovasi Kursi Joy

Untuk pemasangan baru, mungkin maskapai hemat akan mempertimbangkan ini. Jika digabungkan dengan jarak 28 inci yang sempit di seluruh kabin, mungkin, mungkin, ada ruang untuk satu baris kursi lagi.

Leave a Reply