Akhirnya! Hyperloop Transportation Technologies Canangkan Uji Coba Skala Penuh

Sumber: techcrunch

Salah satu perusahaan yang mengembangkan moda futuristik berbasis tenaga magnetik levitasi (maglev), Hyperloop Transportation Technologies (HTT) diketahui mulai menurunkan tensi berburu partner untuk mengeksplorasi potensi rute di seluruh dunia. Startup yang berdiri sejak November 2013 lalu ini dikabarkan baru saja melangkah maju dengan menghadirkan puluhan tabung yang nantinya akan digunakan sebagai jalur uji cobanya.

Baca Juga: Hyperloop One Ganti Nama Setelah Virgin Group Tanam Saham

Sebagaimana yang dilansir KabarPenumpang.com dari laman newatlas.com (16/4/2018), tabung-tabung tersebut tampak memasuki kawasan Toulouse, Perancis beberapa waktu yang lalu. Dengan perkembangan semacam ini, maka HTT mulai mendekati salah satu rival terberatnya yang juga baru menjalin kerja sama dengan perusahaan milik Sir Richard Brenson, Virgin Hyperloop One.

Terakhir, Virgin Hyperloop One telah berhasil mendatangkan Putra Mahkota Arab Saudi guna meninjau armada khusus yang rencananya akan dipasang di negara berbentuk kerajaan tersebut. Seperti yang sudah pernah diberitakan sebelumnya, antara HTT dan Virgin Hyperloop One memang terjadi persaingan yang sangat ketat, namun jalan yang ditempuhnya berbeda.

Jika Virgin Hyperloop One lebih menitikberatkan kepada uji coba moda secara terus menerus, berbeda dengan HTT yang lebih memfokuskan diri pada peninjauan regulasi dan menjalin kerja sama dengan beberapa otoritas terkait di seluruh dunia.

Nantinya, tabung-tabung yang dibawa menggunakan truk pengangkut ini akan disambung menjadi satu kesatuan jalur uji coba fase satu sepanjang 320m dimana salah satu sumber dari HTT mengatakan bahwa jalur tersebut akan diupayakan untuk beroperasi pada tahun ini. “Sementara itu pembangunan jalur fase dua sepanjang 1km diperkirakan akan rampung pada tahun 2019 mendatang,” tulis HTT di laman resminya.

Baca Juga: Beda Strategi Dengan Rival, Hyperloop Transportation Technology Utamakan Studi Lapangan

“Lima tahun lalu kami berangkat untuk memecahkan masalah transportasi yang paling mendesak; efisiensi, kenyamanan dan kecepatan,” ungkap Direktur HTT, Dirk Ahlborn. “Hari ini kami mengambil langkah penting untuk mulai mencapai tujuan tersebut. Hyperloop lebih dari sekedar moda dengan akselerasi yang luar biasa, namun ini merupakan satu peluang nyata untuk menciptakan sistem transportasi yang efisien dan aman dengan mengutamakan pengalaman penumpang yang tak tertandingi.” tutupnya.