Akhirnya, Hyperloop Transportation Technology Luncurkan Pod Penumpang Perdana

0
Moda Hyperloop Transportation Technologies, Quintero One. Sumber: newatlas.com

Tepat lima tahun pasca didirikan, akhirnya startup yang terkenal akan membawa inovasi baru dalam dunia transportasi, Hyperloop Transportation Technology (HTT) memamerkan apa yang selama ini mereka kerjakan. Dalam sebuah acara perayaan ulang tahun perusahaan tersebut yang bertempat di Spanyol, Dirk Ahlborn cs. merilispod penumpang skala penuh perdananya. Tentu saja, peluncuran pod perdananya ini semakin mempertegas langkah HTT untuk sesegera mungkin terjun di industri transportasi dunia.

Baca Juga: HTT Siap Operasikan Hyperloop Pada 2020, Akankah Dubai Operasikan Dua Teknologi Maglev?

Sebagaimana yang dilansir KabarPenumpang.com dari laman newatlas.com (4/10/2018), moda yang diberi nama Quintero One ini menggunakan material komposit sebagai bahan baku utamanya. Quintero One memiliki panjang keseluruhan 32 meter dengan panjang kabin sekitar 15 meter dan berat mencapai 5 ton.

Peluncuran Pod Penumpang, Quintero One di Spanyol. Sumber: newatlas.com

“Perakitan pod ini merupakan hasil dari jerih payah kami dalam waktu kurang lebih satu tahun ke belakang. Ini mewakili keahlian kami di segi desain, teknik, dan pengembangan bahan mirip Vibranium yang sangat canggih,” tukas Co-Founder sekaligus CEO dari HTT, Dirk Ahlborn.

“Hanya dalam waktu lima tahun kami telah memecahkan dan memperbaiki semua teknologi yang diperlukan untuk Hyperloop dengan sistem levitasi baru kami, pompa vakum, baterai, dan material komposit yang cerdas. Pod ini akan menjadi bagian dari salah satu sistem transportasi paling efisien yang pernah dibuat,” tandasnya.

Sejumlah Petinggi HTT. Sumber: newatlas.com

Setelah dipamerkan di Spanyol, kabarnya Quintero One akan dipindahkan ke pusat penelitian HTT yang terletak di Toulouse, Perancis guna diteliti lebih mendalam lagi. Menurut salah satu sumber dari HTT, jalur pengetesan untuk Quintero One tengah dipersiapkan dan akan diuji coba pada tahun depan.

“Pada 2019, kapsul ini akan sepenuhnya dioptimalkan dan kami akan mempercepat setiap proses agar siap untuk beroperasi,” kata Bibop Gresta, Chairman dari HTT.

“Kami telah mengambil langkah besar dalam menyelesaikan setiap regulasi dengan pedoman sertifikasi keselamatan. HTT sekarang lebih dekat dari sebelumnya, dan kami siap untuk membawa Hyperloop ke dunia,” tambah Bibop.

Baca Juga: Virgin Hyperloop One Bangun Pusat Penelitian di Andalusia

Memang, pekerjaan yang harus diselesaikan HTT masihlah sangat banyak – salah satunya adalah soal target kecepatan moda yang masih jauh dari perkiraan awal. Rival dari HTT, Virgin Hyperloop One saja yang sudah menyalip HTT masih kelimpungan dengan masalah kecepatan. Terakhir, Virgin Hyperloop One baru mampu menempuh kecepatan sekitar 390km/jam.

Akankah masalah kecepatan menjadi batu sandungan bagi HTT?

Leave a Reply