Akibat Ledakan Tabung Gas Saat Memasak, 70 Orang Tewas di Dalam Kereta Tezgam Express

0
Tezgam Express terbakar karena ledakan gas

Sebanyak 70 orang tewas dan puluhan lainnya terluka setelah kebakaran terjadi di kereta penumpang di Pakistan. Kebakaran kereta ini terjadi akibat ledakan tabung gas lantaran ada penumpang yang memasak makanan mereka di atas kompor pada Kamis (30/10/2019) pagi.

Baca juga: Saat Kembang Api Beraksi, 60 Orang Tewas Tertabrak Kereta Saat Festival Dussehra

Penumpang yang tewas dan luka-luka sebagian besar karena mencoba turun dari kereta untuk melarikan diri dari api. Dilansir KabarPenumpang.com dari laman theguardian.com (31/10/2019), dalam sebuah rekaman, menunjukkan tiga gerbong kereta dilalap api dan asap keluar dari sela-sela jendela serta saksi mata mengatakan mendengar penumpang terjebak menangis dan menjerit. Menteri kereta api Rashid Ahmed mengatakan, sebagian besar penumpang tewas karena melarikan diri untuk menghindari api.

“Dua kompor meledak ketika seseorang sedang memasak untuk sarapan. Padahal membawa tabung gas dalam kereta api adalah hal yang ilegal sebab dilarang dalam aturan,” kata Rashid.

Insiden tersebut terjadi di kereta Tezgam Express yang melakukan perjalanan dari kota-kota Karachi dan Rawalpindi yang kala itu tengah melintas Provinsi Punjab. Asisten komisaris kota Multan, Mansoor Ahmed membenarkan jumlah korban jiwa mencapai 70 orang dan 40 diantaranya terluka bahkan kritis.

Diketahui, pada Kamis sore, para petugas penyelamat mulai membersihkan reruntuhan yang hangus untuk pencarian korban. Sembilan orang dengan luka bakar dibawa ke rumah sakit di distrik Multan.

Bahkan karena banyaknya korban, Mansoor mengonfirmasi bahwa rumah sakit di distrik Raim Yar Khan juga tak bisa mengakomodasi jumlah korban sehingga harus dibawa ke distrik Multan yang berjarak tiga jam perjalanan.

“Sangat sedih dengan tragedi mengerikan dari kereta Tezgam. Belasungkawa saya sampaikan kepada keluarga korban dan doa untuk pemulihan yang cepat dari yang terluka. Saya telah memerintahkan penyelidikan segera untuk diselesaikan atas dasar mendesak,” kata Perdana Menteri Pakistan Imran Khan melalui cuitan di akun Twitternya.

Baca juga: Hari ini 31 Tahun Lalu, Terjadi Kecelakaan Kereta Terbesar di India, Tewaskan 140 Orang!

Insiden di kereta api biasa terjadi di Pakistan, di mana korupsi, salah urus, dan kurangnya investasi telah menyebabkan kereta api menurun selama beberapa dekade terakhir. Kepadatan juga sering menjadi masalah keamanan. Pada Juli, sedikitnya 23 orang tewas di distrik yang sama ketika sebuah kereta penumpang dari kota Lahore di bagian timur Pakistan menabrak kereta barang yang berhenti di persimpangan.

Leave a Reply