Wednesday, May 25, 2022
HomeHot NewsAkses Keluar Stasiun Bogor Kini Ada Dua Pintu

Akses Keluar Stasiun Bogor Kini Ada Dua Pintu

Sejak diresmikannya alun–alun Kota Bogor, Stasiun Bogor atau lebih dikenal pada masa kolonial Belanda bernama Station Buitenzorg. Alun – alun Kota Bogor diresmikan pada Jumat, 17 Desember 2021 ini membuat penumpang KRL yang turun di Stasiun Bogor terasa lebih mudah dan tidak perlu memutar. Karena pintu bagian timur stasiun kini sudah bisa digunakan untuk masuk dan keluar penumpang di Stasiun Bogor.

Baca juga: Kedatangan Kereta Istimewa ke Bogor, Railfans: Cegat Bareng, Kuy!

Bangunan Tua Stasiun Bogor Lebih Terlihat
Jika penumpang KRL yang turun di Stasiun Bogor melewati pintu keluar arah selatan, memang sudah biasa dilakukan bagi penumpang yang ingin melanjutkan perjalanan menggunakan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum. Terkadang beberapa penumpang diantaranya ysng ingin keluar mengarah kebun raya bogor sedikit mengeluh, karena harus berjalan memutar dulu dari pintu keluar selatan lalu berjalan kearah timur. Ketika keluar dipintu selatan, yang terlihat hanya beberapa kios minimaeket dan parkiran kendaraan roda dua maupun empat yang sangat luas.

Namun jika beralih keluar Stasiun Bogor dari pintu timur ataupun keluar melewat peron jalur 1 stasiun, terlihat lebih mudah justru lebih nyaman. Ketika keluar melewati pintu timur ini, penumpang akan langsung dimanjakan dengan pemandangan taman kota yang luas dan menyejukan mata dengan hamparan tumbuhan hijau, tidak kumuh dan udara terasa lebih sejuk.

Tak hanya itu, yang paling menakjubkan adalah warga juga bisa melihat secara langsung utuhnya bangunan Stasiun Bogor yang dibangun sejak jaman kolonial Belanda. Bangunan stasiun yang bertuliskan “Bogor 1881” membuat kagum melihatnya, seakan kembali mengenang pada masa kolonial Belanda yang merupakan saksi biksu perjuangan Kemerdekaan Indonesia.

Banyaknya warga Bogor maupun pendatang dari luar Kota Bogor tak mau ketinggalan untuk sempatkan berfoto bersama dengan latar belakang Stasiun Bogor dan juga area alun – alun Kota Bogor. Antusiasme warga tak lepas dari persaan suka cita mereka saat berkunjung. Namun, ada pula yang sedikit kecewa karena alun – alun Kota Bogor belum 100 persen dibuka untuk umum. Karena masih ada perbaikan yang harus diselesaikan sampai batas waktu yang belum ditentukan.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by KabarPenumpang.com (@kabar.penumpang)

Keluar Masuk Pintu Hall Timur Hanya Berlaku Weekend
Ramainya Stasiun Bogor akan penumpang yang ingin menggunakan KRL memang terjadi setiap hari. Selain merupakan stasiun akhir perjalanan KRL dijalur selatan Jawa Barat, Stasiun Bogor juga mudah diakses dari segala arah. Begitu pula yang dilakukan saat menuju pintu masuk Stasiun Bogor melalui pintu timur atau dari alin – alun Kota Bogor.

Baca juga: Mau Nikmati WiFi Gratis di Stasiun? Pengguna KRL Jakarta Kota – Bogor Wajib Download LINIPOIN

Ternyata rekayasa arus penumpang pun dilakukan. Untuk pintu selatan atau pintu utama ini berlaku untuk penumpang yang keluar masuk stasiun. Namun khusus untuk penumpang dari pintu timur hanya berlaku untuk masuk Stasiun Bogor di hari kerja (Senin sampai Jumat) mulai pukul 8 pagi. Kecuali di hari weekend atau hari libur, penumpang KRL bisa menggunakan pintu hall timur untuk keluar masuk Stasiun Bogor. (PRAS – Cinta Kereta Api)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular