Akuarium Virtual Pemindai Wajah Sapa Calon Penumpang di Bandara Dubai

Ilustrasi akuariaum virtual bandara Internasional Dubai

Kembali lagi dengan inovasi barunya, Bandara Internasional Dubai (DBX) akan membuat akuariaum virtual dengan teknologi pengenalan wajah pada 2018 mendatang. Nantinya pengunjung akan berjalan melalui akurium virtual dengan isinya pun ikan-ikan virtual  dimana ada 80 kamera built in siap untuk memindai wajah setip penumpang yang masuk dan melakukan verifikasi data.

Baca juga: Mudahkan Identifikasi Penumpang, Bandara Dubai Rencanakan Bangun Smart Tunnel

“Ikan ini nantinya sebagai hiburan dan sesuatu yang baru bagi pelancong, tetapi pada akhirnya itu pasti akan menarik penglihatan mereka ke berbagai sudut terowongan agar 80 kamera yang tersebar di akuarium tersebut bisa menangkap wajah mereja,” kata Kepala Urusan Luar Negeri Mayor Jenderal Obaid Al Hameeri yang dikutip KabarPenumpang.com dari airport-technology.com (13/10/2017).

Fitur baru ini nantinya akan diluncurkan pertama kali pada terminal 3 bandara Dubai pada akhir tahun 2018 dan pada terminal lainnya tahun 2020. Sebenarnya, akuarium virtual ini bisa diganti dengan adegan lainnya bukan hanya ikan melainkan pemandangan dan sebagainnya.

Sebelum masuk akuarium virtual, para pelancong harus melakukan pra pendaftaram dengan mengunjungi salah satu kios pemindai wajah 3D bandara. Kemudian saat pelancong melewati akuarium tersebut biometrik mereka akan dibandingkan dengan profil digital mereka.

Jika nantinya cocok, mereka akan mendapatkan pesan “have a nice trip“, tetapi bila ada masalah pelancong akan dihentikan sehingga petugas keamanan bisa melakukan pemeriksaan lebih banyak. Pemindaian biometrik ini diatur untuk merevolusi pengalaman bandara di seluruh dunia.

Maskapai berbiaya rendah Amerika Serikat JetBlue juga menerapkan sebuah percobaan teknologi membaca wajah untuk mempercepat proses boarding gate di bandara Internasional Boston Logan. Dimana penumpang memindai dokumen perjalanan mereka di kios selfie. Tapi JetBlue tidak sendirian dalam memusatkan perhatian pada biometrik untuk mengurai dan akhirnya menghilangkan antrian di gate.

Baca juga: Bandara Dubai Hadirkan Teknologi Baru Keimigrasian di Pekan Teknologi Gitex 2017

Februari 2017, bandara Schipol di Amsterdam telah menetapkan target untuk menjadi bandara digital terdepan di dunia tahun 2018 mendatang. Selain itu, mereka juga mengumumkan sebuah uji pengenalan wajah yang bekerja sama dengan KLM dimana nantinya penumpang bisa naik ke pesawat tanpa harus menunjukkan tiket dan paspor.

Untuk mendaftarkan diri dalam proses ini, penumpang akan memindai paspor mereka, tiket dan memfoto wajah mereka di kios pendaftaran khusus. Data ini akan dihapus secara otomatis setelah boarding. Di luar prosedur itu, penumpang tidak perlu menunjukkan dokumentasi lebih lanjut, wajah mereka cukup untuk memberi mereka akses melalui pintu gerbang dan mereka dapat melanjutkan ke pesawat.