Alami Turbulensi Parah, Air New Zealand Berikan Full Refund Kepada Penumpang

Airbus A320neo milik Air New Zealand. Sumber: Newshub

Berharap bisa mengudara secara cuma-cuma? Nampaknya pernyataan tersebut terlalu muluk-muluk, ya! Tapi jangan salah, penumpang maskapai Air New Zealand pada akhir Januari 2019 kemarin bisa mengudara secara gratis lho! Syarat dan ketentuannya juga terbilang mudah, namun cukup menyeramkan – menahan diri selama pesawat terkena turbulensi.

Baca Juga: Turbulensi, Guncangan Saat Mengudara Yang Tak Perlu Ditakuti

Ya, KabarPenumpang.com mengutip dari laman nypost.com (25/1/2019), Air New Zealand dengan nomor penerbangan NZ5715 yang mengudara pada Rabu (23/1/2019), diterpa turbulensi yang sangat kuat. Saking kuatnya, sekira 20 persen penumpang yang ada di dalam penerbangan dari Christchurch menuju Invercargill ini mengalami muntah-muntah. Tidak hanya sekali, namun penumpang yang ada di dalam penerbangan tersebut mengatakan, “turbulensi hampir tiada henti,”

Ketika baru mengudara, kapten penerbangan kala itu sudah memperingatkan penumpang bahwa perjalanan tidak akan berjalan mulus dikarenakan faktor cuaca. Namun ternyata, turbulensi yang mengguncangkan penerbangan tersebut sangatlah parah, yang lalu berimbas pada kenyamanan penumpang.

“Benar-benar tanpa henti. Mungkin kami hanya memiliki waktu 10 menit untuk bisa menikmati perjalanan yang nyaman, namun setelah itu turbulensi kembali melanda,” ujar salah satu penumpang yang bernama Owen Scott.

“Sebelumnya, pilot memang sudah mengumumkan bahwa perjalanan ini tidak akan nyaman. Semoga itu menjadi perjalanan sekali seumur hidup saya,” imbuhnya sembari mengingat detail kejadian tersebut.

Owen yang merupakan seroang penumpang yang berdomisili di Invercargill ini tengah mengudara bersama istrinya, Cara dari Christchurch setelah menjalani pengobatan kanker.

“Saya sadar bahwa saya harus berkonsentrasi padanya (Cara) … tapi apa yang terjadi di dalam penerbangan tersebut sama sekali tidak ada drama yang dibuat-buat,” papar Owen.

Menanggapi hal ini, seorang juru bicara dari Air New Zealand mengatakan bahwa kendati perjalanan tersebut berjalan tidaklah mulus, namun pendaratan berlangsung lancar dan sesampainya di darat, para penumpang yang terdampak guncangan turbulensi langsung mendapatkan perawatan dari pihak medis.

Baca Juga: Peneliti Buktikan Bahwa Guncangan Akibat Turbulensi Bisa Diredam!

“Air New Zealand menawarkan kepada pelanggan yang terdampak turbulensi dalam penerbangan tersebut berupa pengembalian dana penuh sebagai pengakuan atas pengalaman penerbangan mereka yang kurang menyenangkan. Selain itu, penumpang juga memiliki pilihan untuk menghadiri debriefing dengan awak pesawat,” ujar pihak Air New Zealand.

Ya, turbulensi hingga saat ini masih menjadi momok menakutkan yang membuat penumpang seolah kapok untuk mengudara.