Anda Ketinggalan Penerbangan? Jangan Keburu Panik, Ikuti Langkah Ini!

Ilustrasi panik tertinggal pesawat

Terjebak kemacetan lalu lintas menjadi hal yang menakutkan dalam perjalanan menuju bandara, keringat dingin ataupun panik bisa terjadi karena takut tertinggal pesawat, lantaran jika tertinggal pesawat bukan hanya tiket saja yang hangus melainkan perjalanan pun tertunda.

Baca juga: Terpaksa Menginap di Bandara? Siapa Takut!

Panik dan stress mungkin tak bisa dihindari jika Anda mengalami kejadian tersebut, namun itu bukan akhir dari segalanya, ada beberapa hal yang sebaiknya dapat Anda lakukan setelah dipastikan Anda tertinggal pesawat. KabarPenumpang.com merangkum dari laman travelandleisure.com (22/1/2018), jika terlambat mala sebaiknya langsung hubungi pihak maskapai untuk mengetahui langkah apa yang harus dilakukan selanjutnya dan mereka akan memandu untuk membuat Anda sedikit tenang dalam menghadapi situasi tersebut.

“Jika seorang pelancong tahu akan tertinggal penerbangan, baiknya penumpang tersebut memberi tahu maskapai. Sebagian besar penerbangan saat ini memiliki kursi cadangan  pada penerbangan berikutnya yang bisa dimanfaatkan,” ujar Kelly Kincaid salah seorang pramugari. Dia mengatakan, memberitahukan pada pihak maskapai juga meningkatkan kesempatan calon penumpang untuk diberi rebook pada penerbangan berikutnya jika ada kursi yang memungkinkan atau kosong. Jika hanya terlambat, bukan berarti pelancong harus menyerah begitu saja.

Baiknya Anda periksa secara online atau check in online untuk mengetahui apakah masih ada peluang untuk mengejar penerbangan teserbut bahkan saat sudah sampai di bandara. Biasanya gate penerbangan masih terbuka 10-15 menit sebelum keberangkatan, jadi bersiaplah Anda untuk berlari mengejar pesawat.

Tapi, bagaimana jika tidak bisa mengejar penerbangan tersebut? Hal ini tergantung pada maskapai penerbangan, pelancong mungkin akan dikenakan biaya rebooking untuk naik kepesawat lain. Beberapa maskapai penerbangan juga mengenakan biaya tiket untuk penerbangan yang baru.

JetBlue salah satu maskapai yang mencoba untuk memberi kemudahan dengan harga tiket yang tidak berbeda jauh bahkan setara dengan tiket pesawat sebelumnya yang tertinggal. Apalagi jika Anda sudah melakukan konfirmasi sebelum terlambat.

Sedangkan Southwest tidak mengenakan biaya perubahan, tetapi pelancong harus bisa mengikuti perbedaan tarif yang disediakan. Untuk Anda yang tertinggal pesawat, baiknya juga melihat papan jadwal penerbangan.

Anda bisa mencari perjalanan selanjutnya dengan maskapai yang sama untuk menghindari biaya tambahan. Kemudian bisa ke bagian check in atau agen penerbangan di bandara untuk membantu mempercepat prosesnya.

Keterlambatan memang menjadi hal yang paling dihindari pelancong. Sebab selain waktu, uang pun terkuras karena untuk membeli tiket pesawat tidaklah murah. Namun, bagaimana jika terlambat apakah uang Anda kembali? Ini sering menjadi pertanyaan para pelancong dan jawabannya adalah uang Anda tidak akan kembali.

“Ada yang disebut dengan aturan. Pada dasarnya aturan itu bisa digunakan untuk dikenakan biaya pada hari yang sama jika terkonfirmasi atau biaya standby, bukan biaya perubahan ongkos jika penumpang menyatakan keterlambatan mereka karena ban kempes, kecelakaan atau hal sejenis,” ujar Kincaid.

Baca juga: Bosan Menunggu, Pria Ini Buka Pintu Darurat dan Niat Lompat dari Sayap Pesawat

Hal tersebut sama seperti maskapai saat menghindari kompensasi penumpang untuk pembatalan terkait cuaca. Meskipun kebijakan ini jarang dipublikasikan di situs maskapai penerbangan, The Points Guy mencatat bahwa sebagian besar operator domestik di AS, termasuk American Airlines, Delta Air Lines dan United Airlines, akan mengakomodasi pelancong yang tiba dalam waktu dua jam setelah keberangkatan awal mereka, tanpa membayar biaya atau menelan tarif yang naik.

Sedangkan untuk barang bawaan yang sudah masuk dalam penerbangan dan Anda tertinggal saat transit. Pelancong bisa langsung menghubungi pihak maskapai agar barang bawaan Anda di simpan sampai Anda mengambilnya di bandara tersebut.