Angkut Bagasi Penumpang, Bandara Internasional Dallas-Forth Worth Gunakan Robot FLEET

(businesstraveller.com)

Biasanya pelancong akan membawa tas mereka sendiri baik itu melewati keamanan maupun ke gate. Namun apa jadinya jika robot otonom yang membawa barang Anda di bandara saat melewati keamanan? Ya, ketika pelancong berangkat dari Bandara Internasional Dallas-Forth Worth (DFW), pelancong akan menikmati kemudahan tesebut.

Baca juga: Ssstt..! Ada Robot Polisi Lalu Lintas di Bandara Changi

Sebab, bandara ini menghadirkan robot penanganan bagasi dan menjadi bagian dari program yang disebut FLEET. Cara kerja robot ini cukup sederhana dimana penumpang meletakkan barang bawaan mereka dan memasukkan informasi penerbangan melalui layar sentuh interaktif.

Jika semuanya selesai, koper akan dijatuhkan ke robot yang memiliki roda empat kecil dan mengirimnya ke sabuk bagasi yang tepat. Dilansir KabarPenumpang.com dari laman businesstraveller.com (14/7/2019), nantinya setiap robot hanya akan membawa satu tas dengan GPS untuk menentukan rute optimal.

Robot FLEET dilengkapi sensor dan kamera internal yang bisa menghindari halangan saat berjalan mengantar tas. Robot dan tas bisa dilacak secara real time untuk memastikan barang itu tiba sesuai tempatnya.

“Aplikasi khusus ini menarik sekaligus menantang bagi kami, karena FLEET akan bekerja di area penumpang. Kami percaya FLEET sejalan dengan visi bandara, karena mereka memiliki komitmen yang kuat untuk meningkatkan pengalaman penumpang, serta menampilkan inovasi terbaru,” kata Andrew Manship, Executive Vice President Airports Vanderlande.

Robot FLEET dikembangkan oleh perusahaan Belanda Verlande dan memulai debut pertamanya tahun 2018 di Bandara Den Haag di Rotterdam. Robot tersebut mampu mengangkut sekitar 450 tas per jamnya.

FLEET diketahui merupakan robot ramah lingkungan yang mengonsumsi energi hingga 50 persen lebih sedikit dibandingkan dengan perngaturan biasa. Robot tersebut bahkan bisa didaur ulang saat mencapai masa akhir tugasnya.

Robot ini berada di Terminal D Bandara DFW dan tengah diuji coba pada penumpang transit yang tiba dari penerbangan internasional. Dalam uji coba ini, akan ada petugas yang berada dekat dengan robot untuk membantu ketika penumpang bingung atau ada masalah dalam menggunakannya.

Uji coba di DFW sendiri tidak dikatakan dengan jelas hingga kapan. Namun bila robot FLEET tersebut meningkatkan efisiensi maka akan diteruskan sebelum robot bagasi lain muncul di bandara di seluruh dunia.

Baca juga: “Kempa,” Robot Humanoid Khas India Hadir di Bandara Bengaluru

“Saat kami menjalani program percontohan, DFW akan mengevaluasi teknologi baru ini dan menilai potensi aplikasi robot dan kendaraan otonom di berbagai titik di bandara,” kata Khaled Naja, wakil presiden eksekutif DFW Airport untuk infrastruktur dan pengembangan.