Antena MIMO+ Tingkatkan Konektivitas Mobile Broadband di Kereta Api

0
Antena MIMO+ di atap kereta

Antena SENCITY Rail MIMO+ Rooftop dirancang untuk mendukung potensi throughput data tinggi 4G dan 5G melalui koneksi kereta. Kehadirannya ini akan memungkinkan penumpang melakukan aktivitas digital mereka dengan mulus di dalam kabin.

Baca juga: Hebat, Ternyata Telepon Umum di Jepang Bisa Kirim Email ke Telepon Seluler

Hal ini dapat dicapai dengan memanfaatkan teknologi MIMO (multiple input, multiple output) yang adalah suatu fungsi dan telah didukung oleh sebagian besar radio kereta api modern serta jaringan umum seluler. KabarPenumpang.com melansir globalrailwayreview.com (22/11/2021), dengan didukung teknologi polarisasi ganda, antena SENCITY Rail MIMO+ Rooftop dapat terhubung ke infrastruktur stasiun pangkalan saat bergerak dengan dua aliran sinyal yang sangat terpisah, yang sangat meningkatkan kemungkinan mencapai kondisi MIMO.

Kemudian ini menghasilkan peningkatan rata-rata data-throughput, saat terhubung ke jaringan seluler publik, dengan memaksimalkan algoritme MIMO canggih yang ada pada chipset radio. Untuk layanan konektivitas penumpang, serta layanan sinyal dan kontrol di kereta.

Adanya ini membuat operator sekarang akan mendapatkan keuntungan dari peningkatan kecepatan konektivitas di seluruh perjalanan. Tak hanya itu, pengalaman digital on-board yang lebih mulus dapat dicapai tanpa perlu pemasangan infrastruktur trackside khusus yang mahal.

“Pasar kereta api sangat mengantisipasi pemanfaatan teknologi MIMO secara maksimal sejak teknologi ini pertama kali diperkenalkan dengan 3G. Sejak itu, operator kereta api dihadapkan pada tantangan bagaimana membuat kecepatan MIMO throughput tinggi menjadi kenyataan dalam sistem komunikasi kereta-ke-darat yang mengandalkan jaringan seluler publik,” kata Daniel Montagnese, Head of Product Management Antennas di HUBER+SUHNER.

Daniel menambahkan, selama proses desain, mereka menilai antena dengan pengujian drive telah menunjukkan peningkatan nyata dalam jumlah kondisi saluran terutama di daerah pedesaan. Sehingga ini sangat meningkatkan kemungkinan MIMO mengarah ke tingkat throughput data keseluruhan yang jauh lebih tinggi.

Baca juga: Saat Kereta Terintegrasi Internet of Things

Dia menambahkan, atap kereta adalah lingkungan yang kompleks dan menantang. Oleh karena itu ketangguhan sama pentingnya dengan kinerja. Antena MIMO+ juga dirancang untuk perlindungan tegangan tinggi dan arus tinggi guna memastikan bahwa energi saluran catenary tidak melewati kabel RF pada antena dan masuk ke kabin kereta, yang akan menjadi bencana bagi peralatan elektronik yang sensitif dan penumpang. Antena SENCITY Rail MIMO+ Rooftop juga memenuhi standar perlindungan kebakaran dan lingkungan berkualitas tinggi.