Antisipasi Gangguan Kabut Saat Musim Dingin, Ini Yang Disiapkan Perkeretaapian India!

Sumber: indianexpress.com

Dalam upaya untuk menjaga On Time Performance (OTP) selama musim dingin yang hampir tiba, perkeretaapian India telah berencana untuk menggunakan perangkat keselamatan tambahan untuk mengantisipasi turunnya kabut yang akan mengganggu pengoperasian dari kereta di sana. Perangkat keselamatan ini menganut sistem GPS yang dapat digunakan dalam kondisi berkabut, yang akan berguna untuk memberikan tanda kepada masinis ketika mendekati mendekati sinyal atau rambu.

Baca Juga: Setarakan Kaum Minoritas, Formulir Tiket Kereta di India Akan Tambah Kolom T Untuk Transgender

Dilansir KabarPenumpang.com dari laman indiatimes.com (13/11/2017), seorang pejabat kereta api mengutarakan rencananya untuk menggunakan perangkat berbasis GPS ini bertujuan untuk memberikan peringatan dini kepada masinis. Ia juga melanjutkan bahwa perkeretaapian India telah menyediakan sekitar 2.400 perangkat yang rencananya akan dipasang di India sebelah Utara. Daerah tersebut dinilai sebagai tempat yang paling parah jika kabut tebal musim dingin mulai turun.

Lebih lanjut, pejabat kereta api ini mengatakan bahwa sekitar 900 perangkat berbasis GPS ini telah diedarkan ke zona Delhi. Selain itu, Perkeretaapian juga akan menyebarkan fogmen untuk menempatkan detonator di beberapa jalur. Ini bertujuan untuk memberi tahu masinis jika kereta yang mereka kendalikan tengah bergerak mendekati sinyal atau rambu. Jika masinis tidak bisa melihat sinyal atau rambu karena tertutup kabut, dikhawatirkan ini akan menimbulkan sebuah kecelakaan.

Pejabat perkeretaapian India juga akan melakukan pemeriksaan pelat secara intensif dan mendeteksi isu yang beredar mengenai fraktur pada rel, karena ini merupakan penyebab utama kereta tergelincir selama musim dingin. Sistem auto signaling juga akan dikonversi menjadi semi otomatis dan pembatasan kecepatan akan diberlakukan selama situasi berkabut yang intens.

Baca Juga: Atasi Lonjakan Penumpang Kereta di Musim Libur, India Siapkan Skema Vikalp

Untuk mengantisipasi sistem komunikasi yang terganggu, perkeretaapian India juga berencana untuk menyediakan walkie talkie bagi awak kereta dan petugas di stasiun. Selain itu, petugas stasiun juga akan melengkapi masinis dengan buklet indikasi sinyal dan melakukan penyuluhan dalam bekerja selama musim dingin.

Beberapa masalah yang kerap kali muncul di perkeretaapian India selama musim dingin adalah kekurangan petugas di lapangan yang mengakibatkan mobilitas menjadi menurun, disorientasi pada jadwal, lonjakan penumpang yang menunggu di stasiun, hingga beberapa jalur yang tidak bisa dilewati akibat kapasitas petugas di lapangan yang tidak memadai.