Antisipasi Pelecehan Seksual di KRL, Ikuti Tips Berikut Ini

blogspot.com

Sebagai penumpang rel kereta listrik atau KRL, menjadi korban pelecehan seksual adalah momok yang menakutkan. Memang bila dilihat pakaian atau perilaku Anda biasa saja tak mengundang pikiran kotor. Namun, terkadang ada saja orang-orang usil yang memang sedang berhasrat melakukan pelecehan seksual.

Sayangnya pelecehan seksual bisa terjadi oleh siapa saja tak hanya wanita, pria pun bisa dijadikan objek pelecehan seksual bagi si pelaku. Dari hasil investigasi KabarPenumpang.com, ada beberapa kiat yang bisa digunakan untuk mencegah agar tak menjadi korban pelecehan seksual. Berikut beberapa strategi dan tips untuk mencegah pelecehan seksual di dalam KRL.

Baca Juga : Semprotan Merica Masih Ampuh Melawan Penjahat

1. Berada di gerbong wanita
Jika Anda seorang wanita, ada baiknya berada di dalam gerbong khusus wanita yang biasanya di Indoensia berada gerbong pertama dan terakhir. Namun bila terpaksa tak di gerbong perempuan baiknya berada di kumpulan wanita. Hal ini akan mencegah Anda menjadi korban pelecehan seksual. Biasanya si pelaku segan melihat segerombolan perempuan saat akan melakukan aksinya.

2. Pakaian sopan dan tertutup
Gunakan pakaian yang tertutup jangan terbuka. Ada baiknya Anda menggunakan celana panjang saat berada di KRL, bila terpaksa naik KRL dan menggunakan rok, baiknya duduk dengan sopan atau berdiri dengan layaknya seorang wanita. Pakai atasan yang tertutup, ini juga bisa menjadi sumber orang melakukan pelecehan seksual. Bila menggunakan pakaian yang ketat, tutupi dengan selendang atau gunakan jaket agar tidak terlalu mencolok.

Baca juga: Tidak Pinjamkan Charger, Wanita Ini Ancam Pengemudi Uber

3. Bawa alat-alat keselamatan
Bagi keamanan Anda baiknya simpan alat-alat keselamatan sepert paper spray atau semprotan merica, dan alat setrum portable. Kedua alat ini setidaknya mampu menangkal sementara pelaku pelecehan seksual. Gunakan alat ini bila memang benar-benar terdesak, sebab paper spray bisa memengaruhi satu gerbong Anda karena pedasnya.

4. Lihat ciri-cirinya
Seoarang maniak atau pelaku pelecehan seksual sebenarnya mudah dikenali. Biasanya, pelaku sering sekali melihat Anda dari atas ke bawah, kemudian tiba-tiba bisa mendekati Anda dan pura-pura menyenggol bagian belakang Anda. Mungkin Anda tidak sadar walaupun sengaja tapi terkadang itu untuk melakukan tindakan pelecehannya terhadap Anda. Kemudian jauhi orang-orang yang memiliki tingkah seperti itu.

5. Sering menghadapkan ponsel ke korban
Bila Anda merasa sedang di intai menggunakan kamera ponsel, baiknya punggungi orang tersebut atau baikknya berpindah dari tempat Anda berdiri. Sebenarnya, memindai dengan kamera ponsel juga salah satu kejahatan seksual.