Antisipasi Pelecehan Seksual, Pemerintah India Hadirkan Halte Khusus Wanita

Sumber: manoramaonline.com

Maraknya pelecehan yang marak terjadi pada wanita di sarana dan pra-sarana transportasi memaksa sejumlah operator memutar otak untuk mencari solusi terbaik dari masalah ini. Semisal Commuter Line Jabodetabek memiliki gerbong khusus wanita, maka berbeda dengan halte bus yang ada di India – tepatnya di Thiruvananthapuram. Selain dikhususkan untuk wanita, ternyata halte bus ini juga bisa dibilang cukup lengkap lho dari segi infrastrukturnya!

Baca Juga: Operator Kereta India Digitalisasikan Layanan Keluhan Penumpang

Dilansir KabarPenumpang.com dari laman manoramaonline.com (20/7/2018), para kaum hawa yang singgah ke halte bus yang terletak di Kazhakkoottam junction ini dapat menggunakan toilet multifungsi yang juga berfungsi sebagai ruang menyusui.

Selain itu, instrumen lain seperti CCTV dan WiFi pun turut disematkan pada halte ini. Sementara halte khusus ini tidak bisa digunakan oleh kaum adam, otoritas terkait pun membangun halte khusus untuk laki-laki – jaraknya sekitar 20 meter dari halte khusus wanita dan hanya dilengkapi dengan tempat duduk saja.

“Kami akan membangun fasilitas serupa yang lebih banyak lagi di berbagai penjuru kota,” ungkap salah satu sumber dari otoritas berwenang tersebut. Sebenarnya, halte khusus wanita ini merupakan ‘peremajaan’ dari yang sebelumnya pernah ada. “Jadi kami ganti yang lama dengan yang baru, yang lebih modern, dan lebih aman. Letaknya sama persis dengan halte yang sebelumnya,” imbuhnya.

Menurut Mayor V K Prasanth, Walikota Thiruvananthapuram, ide pembangunan halte khusus wanita ini merupakan jawaban dari sejumlah keluhan yang bersumber dari media sosial. Banyak kaum hawa yang mengeluhkan soal minimnya fasilitas seperti ruang menyusui dan toilet khusus di pra-sarana transportasi. Padahal, lokasi tersebut bisa dibilang tidak pernah sepi setiap harinya.

Hadirnya halte khusus ini tentu menuai respon positif dari banyak orang di media sosial dan semakin menjamur pula permintaan pembangunan halte serupa – seperti di Technopark Campus dan daerah sekitarnya.

Baca Juga: Seorang Desainer Industri Rancang Halte Bus yang Dilengkapi Pengisian Daya EV Nirkabel!

Tidak melulu dikaitkan dengan tindak pemerkosaan atau tindakan yang berhubungan dengan fisik seorang wanita, tapi memperhatikan seorang wanita yang tengah menyusui anaknya pun termasuk ke dalam golongan pelecehan terhadap wanita.

Berbeda dengan Indonesia yang sudah menyediakan fasilitas khusus seperti ruang menyusui di sejumlah pra-sarana transportasi – sebut saja Stasiun Senayan MRT Jakarta yang kiranya bakal mulai beroperasi pada April 2019 mendatang.