Apa yang Harus Anda Lakukan Jika Turbulensi Menyerang Saat Berada di Toilet

Ilustrasi turbulensi. Sumber: istimewa

Seolah tidak bisa dipisahkan, mungkin kalimat tersebut tepat untuk menggambarkan sebuah penerbangan dengan turbulensi yang ada di atas ketinggian sana. Bagi Anda yang sebelumnya sudah pernah melakukan perjalanan via udara, tentu saja pernah merasakan yang namanya turbulensi, bukan? Ya, guncangan ketika pesawat tengah mengarungi angkasa ini, tidak bisa dipungkiri, masih menjadi salah satu momok yang menakutkan bagi penumpang.

Baca Juga: Terjadi Turbulensi? Tetap Tenang dan Jangan Panik

Biasanya ketika hendak menembus daerah yang berpotensi menghasilkan turbulensi dalam kekuatan yang cukup kuat, sang kapten penerbangan akan mengaktifkan tanda kenakan sabuk pengaman – dan akan mematikannya ketika kondisi di luar sana dinilai sudah cukup aman. Satu pertanyaan yang muncul dari gambaran di atas adalah, “bagaimana jadinya jika Anda tengah berada di dalam toilet dan pesawat diserang turbulensi? Apa yang harus Anda lakukan?”

Guna menjawab pertanyaan di atas, KabarPenumpang.com mengutip dari laman sumber johnnyjet.com, dimana satu hal yang harus Anda lakukan ketika skema di atas terjadi adalah tetap menunggu di toilet – setidaknya sampai pesawat sudah melewati wilayah yang menghasilkan turbulensi tersebut. Justru, Anda tidak diperkenankan untuk kembali ke tempat duduk anda karena dinilai terlalu berbahaya dan dikhawatirkan terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, seperti jatuh atau terpental.

Bahkan, seorang awak kabin anonim mengatakan bahwa Anda harus duduk di toilet selama pesawat dihantam turbulensi. Tidak lain dan tidak bukan, untuk mencegah Anda tidak jatuh selama berada di dalam toilet. Upayakan juga untuk berpegangan pada benda solid apapun yang ada di sekitar Anda, seperti wastafel atau pada dinding kamar mandi, karena dikhawatirkan guncangan keras akan membahayakan Anda.

Baca Juga: Turbulensi, Guncangan Saat Mengudara Yang Tak Perlu Ditakuti

Mungkin beberapa dari Anda akan bertanya, “apakah turbulensi dapat berubah menjadi suatu ancaman yang membahayakan keselamatan Anda?”

Jawabannya adalah, ya! Pukul mundur ke pertengahan tahun 2017 silam, dimana maskapai Aerofolot yang tengah mengudara dari Moskow menuju Bangkok diterpa turbulensi yang sangat parah, sampai-sampai 27 penumpangnya mengalami luka serius.

Jadi, sekarang sudah tahu kan apa yang harus Anda lakukan jika turbulensi menyerang dan kebetulan Anda tengah berada di kamar mandi?