Thursday, February 22, 2024
HomeAnalisa AngkutanApakah Penumpang Dapat Gunakan Toilet Sebelum Lepas Landas?

Apakah Penumpang Dapat Gunakan Toilet Sebelum Lepas Landas?

Usai menunggu pesawat sekitar dua sampai empat jam, penumpang mulai diizinkan masuk ke pesawat dan menuju ke kursi yang tertera di tiket. Sesampainya di kursi, pesawat tak langsung berangkat, butuh beberapa waktu untuk persiapan penerbangan. Menjelang take off atau setelah pintu pesawat ditutup, biasanya rasa dingin di pesawat membuat penumpang ingin buang air kecil (BAK) ke toilet. Bolehkah?

Baca juga: Kenapa Penumpang Diminta Tutup Tirai Jendela pada Penerbangan Siang Hari? Dilarang Lihat Pemandangan?

Dunia penerbangan memang mempunyai sederet prosedur ketat dalam rangka mencapai keselamatan dan keamanan penerbangan.

Di setiap penerbangan, pramugari atau kru kabin maskapai manapun pasti akan mengingatkan agar tirai jendela harus dibuka saat menjelang take off dan landing.

Alasan mengapa tirai harus dalam keadaan terbuka saat kedua kondisi tersebut tentu sudah didengar masyarakat, yaitu untuk memudahkan kru mendapatkan visual kondisi di luar pesawat, dalam hal ini mesin, sayap, atau kondisi pesawat itu sendiri, apakah miring, tegak lurus, menukik ke bawah, dan lain sebagainya.

Andai terjadi keadaan darurat, seperti hard landing, tergelincir akibat hujan deras, atau bahkan belly landing, pastinya tak ada lagi waktu bagi penumpang untuk membuka tirai jendela agar tak menutupi pandangan penumpang dan kru, bukan?

Dikutip dari Quora, sebelum lepas landas, penumpang diwajibkan untuk tetap berada di kursi masing-masing dengan memakai seat belt, melipat meja baki, menegakkan kursi, dan menaikkan tirai jendela.

Terkait menggunan seat belt ini, bukan hanya penumpang bahkan pramugari/pramugara pun juga diwajibkan mengenakan seat belt di kursi mereka di galley. Ini bukan semata-mata aturan oleh regulator melainkan untuk keamanan dan keselamatan semua.

Mengingat ada kewajiban mengenakan seat belt, sudah pasti penumpang tidak akan diperbolehkan ke toilet sebelum pesawat lepas landas, dalam artian saat pesawat tengah bersiap lepas landas. Demikian juga saat pesawat hendak turun landas atau mendarat, peraturan yang sama juga berlaku.

Kendati begitu, kejadian penumpang berada di toilet sebelum lepas landas dan sebelum mendarat bukan tak pernah terjadi.

Pada Mei lalu, seorang penumpang dilaporkan terkunci di kamar mandi atau toilet pesawat sebelum landing selama 45 menit. Ini terjadi setelah penumpang yang bersangkutan berada di toilet saat pilot memerintahkan kru untuk mengkondisikan penumpang atau bersiap untuk mendarat.

Baca juga: Kenapa Pintu Kokpit Terbuka Sebelum Pesawat Lepas Landas? Ini Jawabannya

Sesuai prosedur, pramugari/pramugara akan meminta penumpang untuk mengenakan seat belt, menaikkan tirai jendela, melipat meja baki, dan mengembalikan kursi ke posisi semula, serta mengunci toilet.

Tanpa sadar, ternyata di dalam toilet tersebut terdapat seorang penumpang dan proses mendarat sudah kadung dilakukan. Pramugari tidak dapat beranjak dari tempatnya. Jadilah penumpang tersebut mendarat dengan posisi berada di toilet.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru