Disneyland Resort Line Hong Kong, Kereta Khusus dengan Nuansa Mickey Mouse

Sebagian besar pelancong yang bertandang ke Hong Kong menjadikan Disneyland Resort sebagai destinasi utama yang wajib dikunjungi. Meski harga tiket masuknya tak murah, bertandang ke Rumah Mickey Mouse ini adalah magnet tersendiri, terutama bagi pelancong yang membawa serta anak-anak. Dan di luar keunikan yang ditawarkan Disneyland Hong Kong, moda transportasi MTR (Mass Transit Railway) menuju Disneyland adalah ciri khas yang tak bisa dikesampingkan.

Baca juga: Mau Melancong ke Hong Kong? Ada 8 Tips Penting untuk Pemula

Bagi pelancong yang tak mengikuti grup travel, menuju Disney Resort dapat dilalui dengan taksi dan bus umum, dan MTR. Namun diantara ketiganya, MTR Disney Resort Line yang punya kesan tersendiri. Berbeda dengan MTR pada jaringan reguler (di Hong Kong disingkat MTR bukan seperti di Singapura MRT), MTR Disney dirancang dengan ornamen khas ikon-ikon Disney. Mulai dari eksterior rangkaian kereta seperti jendela khas Mickey, kemudian interior yang mencakup kursi dan pegangan tangan serta dinding juga kental dengan figur dan karakter Disney. Tak ayal banyak anak-anak yang senang menumpangi kereta ini.

MTR Disney Resort adalah jarinan kereta metro pertama di dunia yang dirancang untuk Disneyland Park. MTR yang beroperasi di distrik Tsuen Wan ini hanya melayani dua pemberhentian, yakni antara Stasiun Disneyland dan Stasiun Sunny Bay, yang disebut terakhir adalah stasiun interchange yang menghubungkan antara Tung Chung line dengan Stasiun Tsing Yi dan Tung Chung.

Dengan rolling stock jenis Metro Cammell EMU (DC), MTR Disney Resort sebenarnya hanya melayani rute pendek, diantara dua stasiun jaraknya hanya 3,8 kilometer. Dirunut dari sejarahnya, rute MTR Disney dibuka pada April 2005, sementara Disnyeland Resort resmi dibuka pada 1 Agustus 2005.

MTR unik ini melayani penumpang dari Stasiun Sunny Bay mulai pukul 06.15 sampai pukul 00.45. Jangan takut tidak dapat kereta karena jarak ke Disneyland hanya sekitar 6 menit perjalanan, sehingga kereta dalam sehari melayani penumpang pergi pulang berkali-kali.

Karena merupakan rute khusus, maka jam-jam sibuk MTR ini dapat ditakar, yakni pada pagi hari mulai pukul 08.00 – 10.00 dan malam hari mulai pukul 21.00 – 23.00, menyesuaikan dengan momen pembukaan Disneyland Resort dan malam hari begitu selesainya pertunjukan kembang api yang menutup rangkaian pertunjukan.

Baca juga: Ponsel Keluarkan Asap, 80 Penumpang MTR Hong Kong Terpaksa di Evakuasi

Tiket regular dibandrol MTR 7.5 Dolar HK untuk dewasa dan 6.7 Dolar HK jika menggunakan Octopus Card (kartu terusan yang lebih murah ketimbang kartu regular). Ongkos penumpang anak – anak 3.5 Dolar HK untuk regular (sekali pakai) atau 3.4 Dolar HK dengan menggunakan octopus Card. Orang lanjut usia 3.5 Dolar HK atau 2 Dolar HK dengan menggunakan Octopus card.