Armada Masuk Masa Pensiun, Amtrak Keluarkan Proposal Peremajaan Lokomotif

Lokomotif P40 Amtrak. Sumber: hebners.net

Penyedia jasa layanan kereta api asal Negeri Paman Sam, Amtrak diketahui kini tengah dalam upaya untuk meng-upgrade lokomotif diesel National Network. Lokomotif itu sendiri saat ini melayani perjalanan jarak jauh dan beberapa rute yang didukung oleh pemerintah. Ada beberapa opsi yang akan ditempuh oleh Amtrak dalam rangka upgrade armada ini, sebut saja membeli lokomotif baru atau merenovasi armada yang telah beroperasi sebelumnya.

Baca Juga: Serba-Serbi Amtrak, Kereta Jarak Jauh Yang Sering Mejeng di Film Hollywood

Seperti yang diwartakan KabarPenumpang.com dari laman railway-technology.com, tujuan utama dari peningkatan kualitas ini adalah untuk menawarkan layanan yang lebih andal kepada para penumpangnya, meningkatkan poin keselamatan dan kecepatan, dan menghadirkan moda yang lebih ramah lingkungan. “Armada lokomotif diesel kami sudah mulai masuk fase tidak layak jalan karena termakan usia, maka dari itu kami harus sesegera mungkin melakukan modernisasi untuk masa depan Amtrak sendiri,” tutur Presiden dan CEO Amtrak, Richard Anderson.

Dalam mewujudkan rencananya tersebut, pihak Amtrak sendiri telah mengeluarkan Request for Proposal (RfP) utuk membeli 50 hingga 75 lokomotif baru yang diproyeksikan untuk menggantikan lokomotif P40 dan P42 milik perusahaan yang sudah memasuki masa pensiun. Diketahui, beberapa dari dua jenis lokomotif tersebut sudah berusia lebih dari 25 tahun, umur yang sudah cukup tua untuk sebuah lokomotif.

Selain untuk mendatangkan lokomotif baru tersebut, dana tambahan lain untuk suku cadang, pemeliharaan lokomotif, hingga pasokan teknis multi-tahun pun turut tercantum di dalam RfP yang dikeluarkan oleh Amtrak.

“Kami berharap dengan datangnya lokomotif baru tersebut, beberapa poin yang selalu diutamakan oleh Amtrak juga akan otomatis naik, seperti keandalan, perjalanan yang lebih mulus, ketersediaan fitur keamanan yang lebih baik, dan diharapkan juga akan memberikan kontribusi besar terhadap penurunan emisi,” ujar Richard.

Baca Jua: Lyft Gaet Amtrak Dalam Layani Perjalanan Penumpangnya

Diketahui, bulan lalu Amtrak mengutarakan rencananya untuk membuat investasi rahasia untuk memodifikasi interior kereta yang ada pada seluruh armada Acela Express, kereta yang mengular antara Boston dan Washington di Northeast Corridor.