Asuransi Perjalanan, Antara “Wajib” (Untuk Urus Visa) dan Beragam Manfaatnya

Seorang pelancong yang akan berlibur idealnya memang membutuhkan asuransi perjalanan apalagi bila pergi keluar negeri yang memang mewajibkan adanya pembelian asuransi. Sebenarnya asuransi ini berguna untuk kejadian-kejadian yang tidak diinginkan sebelumnya, sehingga bila nantinya terjadi sesuatu pada Anda, asuransi tersebut bisa di claim oleh pihak keluarga.

Baca juga: 13 Tips Perjalanan Luar Negeri dengan Ransel

Bagi Anda pelancong, ada yang namanya travel insurance atau asuransi perjalanan yang berlaku selama Anda melakukan perjalanan. Terkadang mungkin tak terpikir apa yang akan terjadi pada Anda saat melakukan perjalanan tersebut. Dengan adanya asuransi ini, Anda akan merasa aman dan nyaman selama perjalanan.

KabarPenumpang.com merangkum dari berbagai laman sumber, bahwa beberapa waktu belakangan ini, sudah banyak wisatawan yang menyadari betapa pentingnya asuransi perjalanan. Ini dikarenakan manfaat yang diperoleh Anda saat terjadi apa-apa.

Selain untuk menjamin Anda dari kejadian besar seperti kecelakaan, asuransi perjalanan juga membantu Anda membayar biaya perawatan rumah sakit saat harus dirawat atau menjalani perawatan akibat penyakit atau hal lainnya saat berlibur. Tak hanya itu, dengan assuransi perjalanan jika bagasi rusak akan ada penggantian.

Pesawat yang penerbangannya dibatalkan, keterlambatan transportasi dan lain sebagainya akan diganti pihak asuransi dengan memberikan akomodasi lain. Hal ini dilakukan agar Anda tidak merasa kecewa, penggantian bisa biaya penginapan yang digratiskan, diskon biaya perjalanan atau lainnya.

Penggantian pun biasanya sesuai dengan perjanjian yang disetujui oleh pihak penyedia asuransi perjalanan dengan Anda sebagai tertanggung. Tak hanya diri Anda yang di tanggung oleh pihak asuransi perjalanan, rumah tempat tinggalpun bisa di masukkan untuk di asuransikan saat Anda melakukan perjalanan.

Baca juga: Enam Kereta dengan Perjalanan Paling Romantis Bersama Pasangan

Bukan hanya untuk menjadi keamanan dan kenyamanan dalam perjalanan, setidaknya saat Anda bepergian rumah juga ikut terjaga bila terjadi sesuatu selama di tinggal berlibur. Bagi Anda yang akan membuat visa Schengen ke Eropa, memiliki asuransi perjalanan sudah menjadi suatu keharusan sebagai salah satu syaratnya.

Dari dalam negeri, ada beberapa asuransi perjalanan yang bisa di pilih seperti AXA Travel Insurance, ACE Travel Insurance dan ACA Travel Insurance. Biasanya untuk pembuatan visa Schengen asuransi perjalanan akan mengenakan biaya sekitar US$21 untuk ACA. Sedangkan bila menggunakan AXA akan dikenakan biaya US$43 untuk per orangnya dengan jangka waktu perjalanan 15 hari. Sebab biasanya setiap orang harus memiliki asuransi masing-masing walaupun bepergian dengan keluarga.