Awas, Kelamaan Dicas dan Terselip di Kursi Pesawat, Ponsel iPhone Meledak dan Terbakar!

0
iPhone terbakar di pesawat. Foto: AAIB

Insiden ponsel terbakar di pesawat kembali terjadi. Kali ini melibatkan ponsel iPhone XR. Ponsel itu dilaporkan meledak dan terbakar saat dalam kondisi mengisi daya atau dicas dan terselip di kursi pesawat Boeing 787 Dreamliner British Airways saat di udara.

Baca juga: Sebelum Ponsel Vivo Terbakar di Bandara dan Dilarang Masuk Pesawat, Begini Aturannya

Dilansir travelweekly.com.au, insiden tersebut bermula saat pramugari menjalankan prosedur standar, meminta seluruh penumpang agar memposisikan kursi pesawat ke mode normal, 40 menit sebelum mendarat.

Di sini, pramugari juga merapikan selimut penumpang business dan first class. Tetapi, sejurus kemudian ia mencium bau menyengat seperti benda terbakar. Ketika dicek, pramugari maskapai British Airways tersebut melihat kabel yang terhubung ke soket pengisian daya dengan ujung terselip di kursi penumpang dan tertutup bantal.

Saat sang pemilik ponsel iPhone tersebut memanggil pramugari yang lain, suara mendisis seperti benda terbakar terdengar dari situ, diikuti dengan kepulan asap tebal, dan setitik warna oranye yang ternyata nyala api dari sela-sela kursi yang kemudian membesar.

Beruntung, pramugari bergerak cepat untuk memadamkan api dengan alat pemadam kebakaran. Pramugari lainnya bergegas mengisi ember es dengan air dan menghubungi pilot yang juga mencium bau menyengat di kokpit.

Setelah asap hilang dan api padam, pramugari coba mengeluarkan iPhone terbakar itu dari sela-sela kursi. Namun tidak bisa. IPhone itu kemudian dibiarkan oleh pramugari tetap di posisinya sampai pesawat dari Bandara Miami, AS, itu mendarat di Bandara Heathrow, London, Inggris, 20 menit setelahnya, sambil terus berjaga-jaga di sekitar kursi khawatir ponsel kembali terbakar.

Usai mendarat, petugas pemadam kebakaran langsung masuk ke kabin dan mengambil ponsel iPhone XR dengan casing berwarna merah yang terbakar tersebut.

“Keselamatan adalah inti dari semua yang kami lakukan, dan kru kabin kami yang sangat terlatih bekerja dengan cepat dan aman untuk menyelesaikan situasi tersebut,” kata juru bicara British Airways.

Baca juga: Ponsel Terjatuh di Sela Kursi Pesawat, Sebaiknya Minta Awak Kabin untuk Mengambilnya!

Kendati tak ada korban jiwa dalam insiden ponsel terbakar di kabin pesawat itu, Badan Penyelidikan Kecelakaan Udara Inggris (Accidents Investigation Branch/AAIB) mengatakan bahwa kursi penumpang di pesawat angkutan udara komersial harus dirancang untuk meminimalisir kemungkinan perangkat elektronik portabel atau ponsel, termasuk juga power bank, hancur karena mekanisme kursi penumpang.

Otoritas Penerbangan Sipil Inggris sendiri telah melaporkan 166 kejadian sebelumnya tentang perangkat elektronik portabel yang terperangkap di kursi penumpang dalam lima tahun terakhir. Dari jumlah tersebut, 42 mengakibatkan kebakaran atau asap di dalam kabin. Meskipun begitu tidak ada persyaratan untuk merancang kursi untuk mencegah kerusakan PED yang terperangkap secara tidak sengaja.

Leave a Reply