Tuesday, April 16, 2024
HomeHot NewsBagaimana Hitungan Jam Penerbangan Pilot? Ini Jawabannya

Bagaimana Hitungan Jam Penerbangan Pilot? Ini Jawabannya

Perhitungan jam kerja di masing-masing profesi berbeda-beda. Sebuah karyawan pada umumnya dihitung jam kerja saat absen masuk dan berakhir ketika absen pulang. Tetapi, tidak demikian dengan pilot. Mengingat pilot dibayar berdasarkan jam penerbangan, menjadi penting untuk mengetahui jam kerja pilot se-presisi mungkin. Lantas, bagaimana hitungan jam kerja atau jam penerbangan pilot dihitung?

Baca juga: Covid-19 Bikin Pilot Banyak Nganggur! Masihkah Jadi Profesi Idaman?

Sebelum penerbangan dimulai, pilot bisa dibilang sudah mulai bekerja. Pilot dan kopilot biasanya akan bertemu untuk membahas berbagai hal, seperti rute yang dilalui, bahan bakar minimum (bergantung pada jumlah awak, penumpang, kargo, cuaca, dan kemungkinan rintangan selama penerbangan), informasi cuaca, dan informasi bandara tujuan serta bandara yang dilalui sepanjang perjalanan.

Semua ini menjadi kewajiban pilot sebelum memulai penerbangan dan memegang peran vital terhadap keselamatan dan keamanan penerbangan.

Menariknya, dalam aturan kerja bagi pilot yang dikeluarkan Administrasi Penerbangan Federal Amerika Serikat (FAA), semua itu (persiapan pra penerbangan) tidak hitung sebagai jam penerbangan pilot atau bisa dikatakan tak dihitung sebagai jam kerja.

FAA mendefinisikan waktu penerbangan sebagai periode dimana pesawat mempunyai kekuatan dan cukup mampu untuk bergerak. Jadi, tidak terbatas pada saat meluncur di runway dan cruising di udara saja, melainkan berbagai proses sebelum dan setelah itu, seperti taxiing, deicing, dan waiting time di apron.

Selama itu (taxiing, deicing, dan waiting time di apron) menyalakan mesin, maka itu disebut waktu penerbangan.

Berbeda dengan waktu penerbangan, tugas penerbangan atau jam penerbangan (jam terbang) dimulai saat pilot melapor persiapan sebuah penerbangan sampai pesawat terparkir rapi di apron pada penerbangan terakhirnya.

Penjelasan lainnya terkait hitungan jam penerbangan pilot, seperti dikutip dari Quora, itu dimulai saat push back sampai pintu pesawat terbuka. Selama itulah pilot dibayar dan cara mengkalkulasinya pun cukup mudah menggunakan aplikasi khusus, salah satunya LogTen Pro. Tetapi, perlu dicatat, bawah turunan dari itu (hitungan jam kerja pilot) ada lagi dan sudah dijelaskan detail dalam tulisan di bawah ini.

Baca juga: (1) Hidup Bak ‘Raja’, Inilah Rincian Umum Sistem Gaji Pilot! Pantas Saja Bergelimang Harta

Di luar itu, selama pilot memiliki waktu istirahat yang cukup sesuai standar FAA, maka, berbagai aktivitas non-terbang seperti stand by di bandara, pelatihan, terbang sebagai penumpang untuk mengambil sebuah penerbangan di bandara lain dihitung sebagai tugas penerbangan, bukan jam penerbangan.

Sebab, jam penerbangan terbatas pada penjelasan tadi, dimulai saat push-back dan berakhir saat pintu pesawat dibuka kru.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru